Home Informasi Travel Ini Alasan Kenapa Traveler Wajib Singgah di Aceh!

Ini Alasan Kenapa Traveler Wajib Singgah di Aceh!

30
0
Pulau Weh, Aceh

Kabarmaya.co.idSebagai provinsi dengan jumlah penduduk muslim terbanyak, Aceh menerapkan Kanun atau hukum Islam dalam kehidupan bermasyarkatnya. Kanun mulai diberlakukan sepenuhnya di Aceh pada 2014. Aturan agama yang kuat mengikat membuat segala sisi kehidupan masyarakat Aceh didasarkan pada syariat. Meskipun demikian, bukan berarti provinsi ini tidak menarik untuk ditelusuri dan dieksplorasi. Berikut beberapa alasan kamu harus menyambangi Aceh.

Kuliner dengan Bumbu Mencengangkan

Dalam ranah kuliner Aceh, penggunaan biji ganja dalam masakan sudah dikenal luas. Salah satu sajian yang lazim menggunakan bumbu biji ganja ialah kuah beulangong. Makanan seperti gulai berbahan dasar daging itu dimasak menggunakan kuali besar atau belanga yang dalam bahasa Aceh disebut beulangong.

Menyesap Kopi Aceh Gayo di Asalnya

Jangan lupa juga, Aceh punya tradisi ngopi yang kental. Warung-warung kopi jadi tempat nongkrong dan berdiskusi nan ramai hampir setiap hari. Tidak mengherankan jika Aceh punya hasil biji kopi yang rasanya juara dan diakui internasional.

Menyusuri Pantai di Ujung Barat Indonesia

Meski tak seterkenal pantai di Bali atau Lombok, pantai Aceh tak kalah indah. Pantainya bersih dan yang terpenting tidak terlalu ramai. Kamu bisa mengunjungi Pantai Iboih yang tersembunyi tapi bak surga. Pilihan lainnya, datanglah ke Pantai Lhoknga yang merupakan surga bagi para peselancar.

Mengenang Sejarah di Museum Tsunami

Masih ingat bencana alam tsunami yang menerjang Aceh pada 2004? Peristiwa itu meluluhlantakkan Aceh. Namun kini, Aceh telah bangkit. Untuk mengenang kejadian itu, dibangunlah sebuah museum yang berisikan foto dan hal-hal terkait bencana yang membuat Aceh luluh lantak tersebut. Yang unik, desain arsitektur Museum Tsunami dikerjakan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Terletak di ujung utara Pulau Sumatra, Aceh jadi provinsi paling barat Indonesia. Beribu kota di Banda Aceh, provinsi ini dianggap sebagai tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia dan memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara. Tidak mengherankan jika sebutan ‘Serambi Mekah’ melekat padanya.

Loading...