Home Info Kesehatan Kenali Sejak Dini! Ini Tanda Jika Ginjalmu Sedang Bermasalah

Kenali Sejak Dini! Ini Tanda Jika Ginjalmu Sedang Bermasalah

24
0

Cara-Mengenali-Tanda-Tanda-Gagal-Ginjal

Kabarmaya.co.id – Ginjal merupakan organ terpenting yang ada dalam tubuh kita. Selain memiliki peran penting untuk menyaring darah dan mempertahankannya tetap stabil.Ginjal juga mencegah penumpukan cairan berlebih dan mengatur tekanan darah  dan berfungsi menyeimbangkan kadar elektrolit untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Fungsi ginjal yang bermasalah memiliki efek negatif pada kesehatan kita secara keseluruhan. Itu mengapa kita wajib mengenali tanda-tanda peringatan kerusakan ginjal.

Nyeri Punggung Atas

Jika fungsi ginjal mulai bermasalah mungkin mengalami rasa sakit di punggung bagian atas. Rasa sakit ginjal biasanya sakit satu sisi di punggung bagian atas, biasanya disertai dengan demam. Bila disertai dengan kejang dan sakit parah, Moms bisa jadi menderita infeksi ginjal  atau batu ginjal.

Ruam kulit

Kegagalan ginjal sering ditandai dengan munculnya ruam kulit atau rasa gatal yang parah. Jika ginjal tidak dapat mengeluarkan produk limbah dari darah, akumulasi limbah dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit.

Pembengkakan

Terjadinya pembengkakan dapat menjadi gejala gagal ginjal. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh yang dapat menyebabkan pembengkakan di wajah, tangan, kaki, pergelangan kaki, dan kaki.

Kelelahan

Jika ginjal sehat, ada produksi erythropoietin yang tepat, atau EPO, yaitu hormon yang mendorong sumsum tulang untuk membuat sel darah merah baru yang membawa oksigen. Namun, ginjal yang rusak gagal menghasilkan jumlah EPO yang cukup, sehingga tubuh kekurangan pasokan sel darah merah dan oksigen. Ketika ini terjadi, otak dan otot Moms menjadi mudah lelah, dan tubuh lebih lelah, dingin, dan kurang bisa fokus.

Sesak napas

Kurangnya oksigen yang dibawa oleh sel darah merah menyebabkan sesak napas yang disebabkan oleh akumulasi cairan dan produk limbah di paru-paru.

Selain beberapa gejala tersebut perubahan air seni dan juga rasa metalik di mulut juga bisa menjadi penanda jika kondisi ginjalmu sedang tak sehat. Sebaiknya agar terhindar dari penyakit yang berbahaya mulailah mengenali gejala-gejala tersebut sejak dini.

Loading...