Mobile Site

Meski Sudah Kadaluwarsa Jenis Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi

Kesehatan 25 View

Meski-Sudah-Kadaluwarsa-Jenis-Makanan-Ini-Masih-Bisa-Dikonsumsi

Kabarmaya.co.id Diantara tumpukan sampah yang ada, limbah makanan berkontribusi cukup banyak. Tercatat dalam sehari di Indonesia produksi sampahnya mencapai 7.500 ton, lebih dari 54 persen adalah sampah makanan. Salah satu penyebabnya adalah makanan sudah basi karena lupa atau tidak habis. Makanan kedaluwarsa memang cukup menakutkan, karena bisa menyebabkan seseorang keracunan. Namun makanan tersebut bukan berarti harus dibuang langsung, masih ada beberapa yang masih layak untuk dikonsumsi.

Makanan kalengan

Selama kaleng tidak rusak, penyok atau bocor, makanan tersebut dapat bertahan hingga 4 tahun. Hanya saja, kamu harus benar-benar menyimpannya di tempat sejuk dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Sereal

Banyak toko yang menjual sereal dengan diskon tinggi karena batas kedaluwarsanya mepet. Kamu tidak perlu khawatir jika belum habis meski telah memasuki masa kedaluwarsanya. Sereal masih aman dimakan hingga enam bulan setelah tanggal kedaluwarsa, meski rasanya sedikit berubah.

Telur

Tak jauh beda, telur juga menjadi makanan pokok yang kerap mendapatkan potongan harga ketika dekat dengan tanggal kedaluwarsa. Tenang saja, telur masih aman dikonsumsi hingga tiga minggu setelahnya jika disimpan di lemari es. Untuk memastikannya, kamu bisa mengecek dengan menenggelamkan telur ke dalam air. Telur yang basi akan mengambang atau berada di tengah-tengah.

Mentega

Mentega masih aman dikonsumsi dengan cara disimpan ke dalam freezer. Namun kamu harus menggunakannya sekaligus, tidak bisa disimpan lagi ke dalam freezer setelah dikeluarkan.

Kue kering atau keripik

Selama belum mengeluarkan bau tengik dan tidak langsung hancur saat diambil, camilan masih aman untuk dimakan. Salah satu solusinya adalah dengan memanaskan kembali menggunakan microwave  selama 40 detik hingga camilan kembali renyah. Camilan semacam ini normalnya bisa bertahan beberapa minggu, tapi rasanya akan sedikit berubah.

Selain itu beberapa jenis makanan lain seperti susu dan roti juga masih bisa dikonsumsi asalkan disimpan dalam wadah yang tepat. Sebaiknya simpan makanan ini di dalam kulkas agar tetap bisa dikonsumsi.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id