Home Info Kesehatan Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Insomnia Akut

Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Insomnia Akut

812
0

Cara-Ampuh-Menghilangkan-Kebiasaan-Insomnia-Akut

Kabarmaya.com –Susah tidur atau bahasa kerennya disebut insomnia nampaknya sudah menjadi hal yang wajar dalam kehidupan sehari. Padahal jika insomnia terus terjadi dalam kurun waktu yang lama, hal tersebut dapat menganggu kesehatan, terutama kesehatan otak.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya insomnia pada malam hari. Kegiatan dan pola makan menjadi faktor utama penyebab timbulnya insomnia. Kebiasaan insomnia akan membuat hidup si penderita menjadi carut marut. Biasanya wajah akan tampak lesu di pagi hari. Jadi untuk beraktivitas pun kurang bersemangat.

Jangan sekali-kali menggunakan obat tidur, karena hal tersebut bisa merusak bagian organ dalam tubuh. Ada beberapa cara ampuh yang dipercaya akan menghilangkan kebiasaan insomnia pada malam hari. Tidak lagi menggunakan bahan kimia, namun menggunakan cara alami tanpa efek samping.

1.    Bersihkan tempat tidur
Tidur akan terasa lebih nyaman dan nyenyak jika tempat untuk tidurbersih dan rapi. Biasakan menata tempat tidur terlebih dahulu sebelum berangkat tidur. Semprotkan wewangian yang natural dan tidak terlalu menyengat pada sprei dan sarung bantal agar suasana tempat tidur menjadi fresh.

2.    Jauhkan televisi
Jauhkan televisi dan barang-barang yang berbunyi lainnya. Karena hal tersebut akan merangsang otak untuk selalu terus bekerja memikirkan bebunyian tersebut. Usahakan barang-barang di dekat tempat tidur ditata rapi supaya badan tidak terganggu dengan posisi barang yang berantakan.

3.    Pisahkan fungsi tempat tidur
Yang dimaksud memisahkan fungsi adalahtidak menggunakan kamar tidur sebagai tempat braktivitas yang lain kecuali istirahat. Jangan gunakan kamar tidur misalnya untuk makan dan bermain. Sehingga ketika memasuki kamar tidur, hal yang terfikirkan pertama kali adalah tidur, bukan yang lain.

4.    Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Makanan menjadi sumber utama terjadinya insomnia. Terapkan pola hidup sehat terlebih dahulu jika ingin sembuh dari penyekit insomnia. Contohnya saja dnegan tidak mengkonsumsi kopi dan minuman keras. Untuk makanan jangan mengkonsumsi cokelat. Karena makanan tersebut akan membuat mata tetap terjaga sepanjang malam layaknya meminum kopi. Lebih baik konsumsi banyak air putih dan berolahraga ringan di sore hari. Hal tersebut akan memicu tubuh menjadi lelah dan cepat tidur di malam hari.

5.    Atur jadwal tidur
MEngatur jadwal tidur merupakan hal yang penting untuk mengobati insomnia. Jangan pernah menunda-nunda waktu tidur karena hal lain. Jika pun haru smengerjakan suatu hal, bukan jadwal tidur yang ditunda melainkan jadwal bangun tidur yang dipercepat.

Cara-cara di atas adalah solusi mengobati penyakit insomnia yang biasanya diderita para mahasiswa dan pekerja. Terapkanlah hal tersebut setiap hari, maka tidur ada akan nyenyak dan berkualitas.

Loading...