Mobile Site

Jogja-Jakarta Naik Kereta, Kenapa Enggak?

Wisata 49 View

 

Sedang mudik ke Kota Jogja atau sehabis liburan di Jogja dan ingin kembali ke Jakarta? Kembali ke Jakarta dari Jogja naik kereta saja. Jarak Jogja dan Jakarta tidak lah terlalu jauh. Ada beberapa moda transportasi yang bisa Anda gunakan, namun naik kereta api juga tak kalah menarik. Anda bisa memilih jadwal perjalanan pagi, siang, atau bahkan malam. Jika melakukan perjalanan pagi hari, kemungkinan besar Anda akan dimanjakan dengan banyak pemandangan di sepanjang perjalanan dari Jogja menuju Jakarta.

Jika memilih berangkat pada malam hari, di momen ini lah Anda bisa istirahat dengan maksimal. Selama perjalanan, Anda tidak akan bisa melihat pemandangan di luar sana karena gelap. Jadi, pilihan terbaik adalah tidur. Selain itu kemungkinan besar seluruh penumpang juga akan tidur, jadi tidak banyak suara bising yang Anda dengar ketika sedang beristirahat.

2 Stasiun Di Jogja

Sebagai kota budaya, kota pendidikan, sekaligus kota wisata, mobilisasi di kota ini terbilang cukup tinggi. Stasiun menjadi salah satu gerbang keluar masuknya wisatawan dari luar Kota Jogja. Kereta api menjadi transportasi darat populer yang banyak diandalkan sebagian besar orang. Oleh karena itu, Jogja memiliki 2 stasiun yang selalu sibuk dengan hiruk pikuk keberangkatan dan kepulangan.

  1. Stasiun Tugu

Stasiun Tugu menjadi stasiun besar sekaligus utama di Kota Jogja. Letaknya sangat berdekatan dengan Malioboro yang merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kota Jogja. Stasiun Tugu dijadikan sebagai stasiun keberangkatan dan stasiun kepulangan dengan jenis-jenis kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan ekonomi. Ada banyak pilihan kereta yang bisa Anda naiki dari Stasiun Tugu menuju Jakarta, seperti Taksaka Pagi, Fajar Utama Yogya, Argo Lawu, Bogowonto, Senja Utama Solo, Taksaka Malam, Argo Dwipangga, Senja Utama Yogya, Gajayana, dan Bima.

  1. Stasiun Lempuyangan

Stasiun kedua yang dimiliki Jogja adalah stasiun Lempuyangan. Stasiun ini tidak seluas Stasiun Tugu, namun selalu sesak dengan penumpang yang berangkat dan juga pulang. Pada awalnya, Stasiun Lempuyangan difungsikan sebagai stasiun barang. Tetapi, sejak tanggal 1 Desember 1997, dijadikan sebagai stasiun keberangkatan dan kepulangan. Di samping itu, stasiun ini hanya digunakan untuk kereta-kereta dengan kelas ekonomi saja.

Dari Jogja ke Jakarta Naik Kereta Aja

Jarak Jogja dan Jakarta tidak lah terlalu jauh. Anda bisa memilih beberapa transportasi untuk menuju Jakarta. Bisa pesawat, bisa, travel, ataupun kereta api. Menggunakan pesawat memang lebih cepat, namun bagi sebagian orang juga akan mempertimbangkan biayanya. Sehingga opsi kedua bisa memilih untuk naik kereta api yang biayanya lebih murah.

Kembali ke Jakarta dari Jogja naik kereta saja, apa enaknya sih? Pertama-tama biayanya akan lebih murah. Lalu, jika Anda berangkat melalui Stasiun Tugu sedangkan keberangkatan Anda masih lama, Anda bisa mengobati kebosanan Anda dengan berjalan-jalan menyusuri Malioboro. Karena jaraknya sangat dekat sekali. Anda hanya perlu menyeberang rel kereta api dan sampailah Anda di pedestrian Malioboro.

Selain itu, jika Anda lupa atau belum sempat untuk membeli oleh-oleh yang akan dibawa ke Jakarta, Anda bisa keluar stasiun sejenak untuk membeli oleh-oleh di pinggiran Malioboro. Hal ini jika Anda berangkat dari Stasiun Tugu. Anda bisa membeli bakpia, kaos-kaos Jogja atau Dagadu, gantungan kunci, atau yang lainnya. Paling tidak Anda bisa melakukan tawar menawar terlebih dahulu agar bisa mendapatkan harga yang cocok. Berbeda jika membeli di tempat keberangkatan Anda yang biasanya memberi harga yang cukup tinggi.

Selanjutnya, karena perjalanan kereta dari Jogja menuju Jakarta memakan waktu sekitar 8 hingga 9 jam, Anda bisa istirahat terlebih dahulu di dalam kereta.

Naik kereta memang memiliki keistimewaan tersendiri. Apalagi Anda akan melalui perjalanan dari Jogja menuju Jakarta. Sudah sejak lama sekali bagi sebagian besar orang banyak yang memilih untuk naik kereta menuju 2 kota besar tersebut. Antara tradisi dan kesan masing-masing orang akan transportasi ini dengan Kota Jogja dan Jakarta yang terasa memiliki kedekatan dengan kereta api. Ketika Anda berangkat dari Stasiun Tugu, kedua mata Anda secara perlahan meninggalkan Malioboro dan Stasiun Tugu. Sehingga rasa sedih tersebut seakan muncul, namun setelah melewati perjalanan panjang, Anda pun tiba di kota metropolitan, Jakarta.

 

 

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id