Home Info Kesehatan Wanita Wajib Tahu! Ini Dia Efek Samping Penggunaan Pil KB

Wanita Wajib Tahu! Ini Dia Efek Samping Penggunaan Pil KB

22
0

Wanita Wajib Tahu! Ini Dia Efek Samping Penggunaan Pil KB

Kabarmaya.co.id – Hingga saat ini banyak sudah banyak terdapat pilihan alat kontrasepsi yang diproduksi. Salah satunya adalah pil KB yang kita tahu berfungsi untuk mencegah kehamilan melalui kandungan-kandungan hormon estrogen dan progestin. Cara kerja pil KB adalah dengan menghambat indung telur berovulasi atau melepaskan sel telur. Pemakaian pil KB tertentu akan memberikan efek samping pada pemakainya.

Umumnya, sebagian besar wanita memakai pil KB yang dikenal dengan pil kombinasi. Pil kombinasi ini menggunakan estrogen dan progesteron untuk mencegah dan menghentikan kehamilan agar tidak terjadi. Efek samping untuk pil jenis ini meliputi berat badan, mual, pembekuan darah, menstruasi yang tidak teratur dan suasana hati yang buruk. Sebagian lagi menggunakan pil KB progesteron yang disebut pil mini.

Pil mini bekerja dengan mengentalkan cairan serviks sehingga sel sperma tidak dapat mencapai sel telur. Hormon dalam pil mini ini juga bisa mengubah lapisan rahim sehingga implantasi sel telur yang dibuahi sangat kecil kemungkinannya terjadi. Efek samping dari pil ini meliputi suasana hati yang buruk, kenaikan berat bada, kram dan periode bulanan yang tidak teratur. Beberapa efek samping berat bisa mengarah pada masalah kesehatan yang lebih serius seperti liver, penyakit kandung empedu, stroke, pembekuan darah dan tekanan darah tinggi atau bahkan penyakit jantung.

Selain itu, beberapa efek samping yang dikatakan serius karena pemakaian pil KB adalah seperti sakit perut, sakit dada, sakit kepala yang berat. Tak cukup sampai disitu, penggunaan pil KB ini biasanya juga menyebabkan masalah mata atau penglihatan kabur dan bengkaka pada bagian kaki dan paha. Tak hanya dengan pil KB, segala jenis alat kontrasepsi memang dikatakan memiliki efek samping bagi kesehatan wanita. Untuk itu jika ingin menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB  ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter yang berkaitan supaya lebih nyaman.

Loading...