Home Info Kesehatan Selain Karena Anjuran, Ini Manfaat Tidur Menghadap Ke Kanan!

Selain Karena Anjuran, Ini Manfaat Tidur Menghadap Ke Kanan!

14
0

Tidur-Siang-yang-Terlalu-Lama-Menyebabkan-Susah-Hamil

Kabarmaya.co.id – Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang, dengan tidur yang cukup mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu menjaga tubuh kita tetap dalam keadaan yang segar tanpa lelah setelah bekerja seharian. Seringkali kita tidur dalam posisi yang berubah-ubah tanpa menyadari bahwa ada salah satu posisi tidur yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh yaitu tidur dalam posisi miring ke arah kanan.

Mengurangi Beban Jantung

Tidur pada posisi miring ke kanan membuat jantungmu tak tertimpa organ lainnya, hal ini dikarenakan posisi jantung yang berada pada posisi kiri sehingga saat kita tidur miring ke kiri, organ-organ lain pada tubuh akan menimpa jantung dan memberikan beban. Dalam keadaan miring ke kanan, proses distribusi pereedaran darhpun akan lebih lancer.

Mengistirahatkan Lambung

Hal berikutnya yaitu berkaitan dengan lambung, jika seseorang tidur ke arah kiri, ini akan sedikit menggangu kinerja lambung pada pengosongan lambung. Hal ini akan sangat berpengaruh nantinya pada peningkatan akumulasi asam yang menimbulkan erosi pada dinding lambung.

Meningkatkan Kandungan Empedu dan Pankreas

Berkaitan dengan lambung, cairan chime yang lancar akan meningkatkan cairan empedu yang keluar. Hal ini mampu mencegah pembentukan batu kandung empedu dan pengeluaran getah pankreas juga akan meningkat dengan posisi miring ke kanan.

Menjaga Saluran Pernapasan

Ternyata tidur miring dapat mencegah jatuhnya lidah kepangkal yang dapat menggangu saluran pernapasan. Jika seseorang tidur pada posisi terlentang, hal ini akan menyebabkan lidah menutupi saluran pernapasan dan dapat juga membuat orang mendengkur. Perlu diketahui juga bahwa orang yang tidur mendengkur menyebabkan kekurangan oksigen pada tubuhnya.

Selain memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, rupanya tidur dengan menghadap ke kana juga sangat dianjurkan dalam agama islam. Pasalnya posisi tidur ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat!

Loading...