Home Info Kesehatan Mengandung Banyak Cacing Pita, Makanan Ini Sebaiknya Segera Anda Hindari!

Mengandung Banyak Cacing Pita, Makanan Ini Sebaiknya Segera Anda Hindari!

55
0

 

Kabarmaya.co.id – Bagi pencinta penikmat makanan ikan mentah, kini layaknya harus berhati-hatinya untuk mengkonsumsi makanan mentah yang sering hadir seperti ikan salmon mentah, sushi dan sashimi. Karena Seperti yang dilakukan penelitian oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) tahun lalu, menemukan cacing pita pada salmon liar yang tertangkap di daerah deretan Alaska sepanjang pantai pasifik.

Dalam penelitiannya tersebut, ditemukan sejenis cacing pita yang disebut Diphyllobothrium yang didapatkan, ketika mengkonsumsi ikan mentah yang termasuk ikan salmon jadi kalian masih mengonsumsinya patuk di waspadainya. Gejala umum infeksi cacing pita adalah perut tidak nyaman, mual, feses cair, dan penurunan berat badan. Dalam kasus yang lebih serius, infeksi berkelanjutan dapat menyebabkan gangguan pada organ usus.

Selain gangguan usus, cacing pita dewasa juga merebut banyak vitamin B-12 dari tubuh sehingga menyebabkan penderita mengalami gangguan otak atau sistem saraf. Untuk mencegah terkena infeksi dari cacing pita, CDC merekomendasikan untuk menghindari konsumsi ikan mentah atau kurang matang. Tetapi untuk kamu yang tidak bisa berhenti total mengkonsumsi sushi dan makanan mentah, kamu dapat membunuh parasit pada ikan dengan cara membekukan ikan pada suhu sangat dingin.

Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cacing pita sendiri tentu saja akan berdampak buruk di kemudian hari. Dan untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menghindari jenis-jenis makanan yang dinilai banyak mengandung cacing pita. Meski tak sumua jenis ikan mentah mengandung cacing pita. Namun berdasarkan pada fakta yang ada tak ada salahnya bukan jika Anda menghindari jenis makanan ini segera!

Loading...