Mobile Site

Yuk, Cek Berbagai Jenis Kucing Paling Populer Dan Gambar Kucing Paling Imut Di Sini!

fauna 17 View

 

Kucing memang binatang yang menggemaskan karena bentuknya yang lucu dan tingkahnya yang susah ditebak. Faktanya, kucing memang kadang menjengkelkan pemiliknya, akan tetapi sang pemilik tetap mencintai kucingnya karena banyak alasan. Entah karena sikapnya yang penyendiri, suka merusak sofa, menggigit tangan dan  baju atau menjatuhkan benda-benda. Apa pun yang binatang ini lakukan, mereka akan tetap cinta kucing, karena ini adalah seninya! Nah, bila Anda ingin memelihara kucing, melihat gambar kucing saja tidak cukup. Anda harus mengetahui jenis-jenis kucing agar bisa maksimal dalam melakukan perawaran dan memahami karakternya.

Kucing Persia

Kucing persia menjadi salah satu jenis kucing yang paling disukai, terutama di Indonesia. Bentuk kucing ini umumnya tambun, hidungnya pesek, wajah bulat dengan bulu yang panjang. Kucing ini sebenarnya adalah persilangan dari sejumlah jenis kucin sehingga ciri-ciri aslinya hilang. Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis kucing persia dengan ciri-ciri yang berbeda, misalnya:

  • Kucing persia hidung datar
  • Kucing persia medium
  • Kucing persia hidung pesek
  • Kucing persia himalaya
  • Kucing persia eksotis

Kucing Bengal

Hal yang membuat orang jatuh cinta dengan kucing bengal adalah motifnya yang seperti macan. Kalau Anda lihat gambar kucing bengal, kucing ini memiliki motif seperti macan. Disamping itu, kucing ini masih termasuk jenis kucing hutan dan tentu saja karena motifnya yang unik, kucing bengal menjadi favorit orang di seluruh dunia.

Ciri-ciri fisik dari kucing ini yaitu bentuknya yang gagah dan besar karena leluhurnya dari kucing liar. Untuk betina dewasa saja, bobotnya bisa mencapai 4-5 kg, dan untuk kucing jantan bisa mencapai 10 kg. Kucing bengal termasuk jenis kucing yang cerdas. Ia sangat suka air dan tentunya kucing ini tidak akan berlari ketika dimandikan pemiliknya.

Kucing Bulu Pendek Britania

Kucing britania ini merupakan jenis kucing paling tua dan dipercaya dekat dengan bangsa Romawi. Ketika Romawi menguasai Inggris, mereka mengembangkan pertanian. Untuk melindungi hasil panen dari serangan tikus, kucing britania ini dibawa ke Inggris sebagai kucing pekerja, yaitu menangkap tikus.

Ukuran kucing ini cukup tambun dengan berat mulai dari 4-8 kg. Kepalanya bulat dan badannya kokoh dengan dada, pinggul dan bahu lebar. Hidungnya pun pesek dan teinga berukuran sedang. Yang membedakan kucing ini dengan kucing persia adalah bulunya lebih pendek. Yang pasti kucing ini masih sangat imut dan kerap gambar kucing ini dijadikan bahan meme atau wallpaper.

Kucing Siam

Kucing siam ini masuk jenis oriental yang berasal dari Thailand. Kucing ini memiliki karaktiristik mata biru, dengan bulu warna kecokatan dan cream. Pada awal kemunculan kucing ini, Thailand memberikan kucing siam sebagai hadiah bagi duta besar Britania Raya sehingga kucing ini mulai berkembang pesat di Eropa pada abad 18.

Ada beberapa jenis kucing siam, antara lain:

  • Kucing siam tradisional (siam kepala apel) – bentuk tubuh bulat, dan kepala bulat.
  • Kucing siam klasik – mirip dengan kucing siam tradisional dengan bentuk yang lebih kecil.
  • Kucing siam modern – jenis ini sudah direkayasa secara genetik dengan menyilangkan siam klasik dan tradisional.

Kucing ini dikenal sebagai kucing yang ramah dengan suara lembut dan keras. Jenis ini mudah sekali beradaptasi dan aktif.

Kucing Sphynx

Ras kucing ini juga dikenal dengan Canadian Sphynx yang sebenarnya muncul karena terjadinya mutasi genetik. Kucing sphynx memiliki energi, keingintahuan dan kecerdasan yang tinggi. Bahkan kucing ini kerap menyambut tuannya di depan rumah, yang biasanya juga dilakukan anjing.

Tidak seperti kucing lainnya yang berbulu, kucing ini membutuhkan perawatan extra. Kulit kucing ini kerap berminyak karena tidak ada rambut yang menyerap, sehingga harus sering dimandikan setidaknya seminggu sekali. Disamping itu, kucing ini tidak disarankan berada di bawah terik matahari berlama-lama karena kulitnya tidak berbulu sehingga bisa membahayakan kulitnya. Makanya kucing ini kerap diberikan pelindung seperti kaos saat berada di luar rungan untuk melindungi tubuhnya. Jika anda lihat di berbagai gambar kucing di internet, kucing-kucing ini diberi baju dan kerap berada di dalam ruangan.

Kucing Ragdoll

Sekilas, kucing ragdoll mirip sekali dengan kucing siam dengan mata biru dan juga warna kecoklatan. Karakter kucing ini yaitu tenang dan jinak. Kucing ini punya bentuk tubuh yang besar. Berat kucing betina bisa mencapai 3,6-6,8 kg, sementara kucing jantan bisa mencapai 5,4 kg-9,1 kg. Disamping itu, kucing ini juga kerap disebut “dog-like cats” atau “cat-dogs” karena sikapnya yang ramah dan selalu mengikuti pemiliknya kemanapun ia pergi. Kucing ini sangat suka kontak fisik, jadi bisa dibilang sangat manja. Bila Anda suka mengoleksi gambar kucing ragdoll, mungkin kucing ini bisa dijadikan pilihan karena ramah.

Kucing Munchkin

Kucing munchkin terlihat imut karena bentuk tubuhnya yang bantat dan pendek. Hal ini dikarenakan mutasi genetik alami sehingga tubuhnya tidak berkembang secara maksimal. Kucing ini kemudian dikembangbiakkan pada era 80-an di Amerika Serikat.

Meskipun kucing ini mungil, tapi ia sangat lincah dan suka bermain. Disamping itu, kucing munchkin ini mudah sekali beradaptasi. Kucing ini kerap dianggap mengalami gangguan tulang punggung karena membungkuk. Padahal hal ini dikarenakan kaki kucing ini yang pendek. Kalau Anda lihat di gambar kucing munchkin yang beredar di internet, memang terlihat membungkuk. Tapi jangan salah, ini cuma dikarenakan genetiknya saja.

Kucing Scottish Fold

Kucing jenis scottish fold ini merupakan salah satu kucing yang paling populer di dunia. Keunikan kucing ini terletak pada bentuk tubunya, terutama telinganya yang pendek dan menekuk. Bentuk tubuhnya juga lucu; bulat dan bantat. Umumnya kucing scottish fold betina berukuran 2,7-kg, sementara penjantannya bisa mencapai 4-6 kg. Nah, Anda mungkin sering melihat gambar kucing scottish fold ini memiliki burung panjang dan pendek. Tapi ini memang perbedaan jenis saja yang menimbulkan genetik seperti ini. Dibandingkan kucing pada umumnya, kucing scottish fold punya bulu yang tebal.

Kucing ini dikenal sangat ramah  dan manja, terutama pada pemiliknya. Perlu Anda ingat, kucing ini sangat suka bermain, apa lagi kalau dibawa keluar. Ia tidak suka menyendiri dan senang mencari teman. Jadi kalau Anda merawat kucing ini, jangan sampai ia sendiri karena bisa stres.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis kucing paling popular yang bisa Anda coba pelihara. Jangan lupa memperhatikan karakter fisik dan sikap setiap jenis kucing agar perawatan bisa maksimal. Termasuk apakah kucing yang akan dipelihara suka menyendiri atau pencari teman. Anda harus perhatikan baik-baik agar tidak menimbulkan stress pada binatang peliharaan. Ketahui juga apakah jenis kucingnya boleh bermain di terik matahari atau tidak.

Loading...

Related Articles

No Article

@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id