Home Info Kesehatan Hentikan Segera! Kebiasaan Membersihkan Wajah Ini Justru Bisa Merusak Kulit

Hentikan Segera! Kebiasaan Membersihkan Wajah Ini Justru Bisa Merusak Kulit

15
0

Wajah-Berminyak-Tetap-Cantik-Dengan-Pelembab-Wajah-Alami

Kabarmaya.co.id Para wanita selalu menyempatkan diri untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup dan kotoran yang menempel setelah beraktivitas. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat, beruntusan, serta masalah kulit yang tidak diinginkan. Tapi apa jadinya kalau ternyata selama ini kamu salah dalam membersihkan wajah? Bukan asal membersihkan, jika ternyata hal itu malah merusak kulit daripada merawatnya. Berikut adalah kebiasaan yang harus dihindari agar  hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.

Hanya mengandalkan tisu pembersih makeup

Biasanya orang akan mencari cara praktis dan mudah dalam membersihkan wajah seperti memakai tisu pembersih saat akan membersihkan wajah. Namun ternyata hal itu malah bisa menjadi masalah besar. Zat Pembersih pada tisu memang bisa menghapus riasan dan kotoran, tapi kamu juga tetap harus membilas wajah untuk menghilangkan bakteri yang ada pada tisu. Maka dari itu, jangan mengandalkan tisu pembersih sebagai penghapus makeup, apalagi jika tisu tersebut mengandung alkohol yang bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Over-exfoliating

Exfoliating kulit memang menyenangkan dan bisa membuat kulit terasa lebih bersih, namun jangan coba-coba untuk melakukannya tiap hari karena yang ada malah kulitmu menjadi rusak. Pergesekan kulit saat exfoliasi bisa membuat kelembapan kulit dan memicu bakteri untuk masuk ke dalam pori-pori. Baiknya lakukan exfoliasi 1-2 kali seminggu saja dan lakukan exfoliasi secara lembut dengan gerakan memijat bukan menggosoknya pada kulit.

Sering membersihkan memakai shower

Membersihkan wajah menggunakan air hangat memiliki kelebihan seperti kulit mudah mengelupas dan melepas sel-sel kulit mati saat pembersihan. Namun jika melakukannya terlalu sering dan menggunakan air panas malah bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan kapiler pada wajah sehingga kulit bisa menjadi merah dan iritasi. Selain itu, kulit wajah juga bisa kering jika terlalu banyak terkena air.

Bukan hanya ketiga langkah di atas saja yang harus dihindari, namun baiknya hindari menggunakan air yang tidak sesuai suhu tubuh seperti terlalu panas ataupun terlalu dingin. Kamu bisa membersihkan wajah dengan memakai air dingin atau hangat ketika membilas wajah.

Loading...