Mobile Site

Mengenal Tentang Virus Corona dan Cara Pencegahannya

Kesehatan 9 View

Virus corona atau coronavirus merupakan sebuah kelompok virus yang menyerang saluran pernapasan mulai dari infeksi ringan hingga infeksi akut. Penyakit karena infeksi ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya salah satunya penyakit flu bahkan setidaknya setiap orang pernah mengalami flu sekali dalam hidupnya.

Hingga saat ini sudah ada tujuh jenis coronavirus atau HCoVs yang sudah diidentifikasi yaitu :

  • HCoV-229E.
  • HCoV-OC43.
  • HCoV-NL63.
  • HCoV-HKU1.
  • SARS-COV.
  • MERS-COV.
  • COVID-19

COVID-19 atau yang dikenal sebagai Novel Coronavirus merupakan sebuah virus yang baru-baru ini ditemukan. Jenis virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019. Seiring berjalannya waktu, virus ini mulai menyebar ke berbagai negara karena banyak yang pergi ke luar kota dan ke luar negeri sehingga penyebaran virus terus meningkat. Bahkan di Indonesia sendiri sudah dikonfirmasi adanya kasus COVID-19.

Virus corona bisa menginfeksi siapa saja tanpa terkecuali namun yang lebih rentan adalah orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah ataupun orang yang memiliki riwayat penyakit kronis lainnya sehingga faktor resikonya akan menjadi lebih tinggi. Meskipun begitu, orang yang sehat juga bisa terinfeksi virus corona.

Penyebab Virus Corona

Virus corona menyebar seperti virus-virus pada umumnya sehingga kita tetap harus waspada agar tidak terinfeksi virus corona.

  • Percikan air liur dari penderita misalnya dari bersin dan batuk.
  • Menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi
  • Menyentuh area wajah terutama mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor yang terkena air liur penderita.

Masa inkubasi COVID-19 diperkirakan yaitu 2 hari hingga 14 hari sejak virus masuk ke tubuh. Virus ini dipercaya pertama kali ditularkan oleh hewan ke manusia namun saat ini penyebaran COVID-19 sudah disebarkan melalui manusia ke manusia.

Gejala Virus Corona

Setiap orang wajib mewaspadai gejala-gejala yang timbul tergantung pada jenis virus corona yang menyerang. Namun umumnya gejalanya hampir mirip karena sama-sama menyerang saluran pernapasan. Gejala-gejalanya yaitu tidak enak badan, demam, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, hidung berlendir, dan lemas.

Untuk jenis virus corona COVID-19, virus ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut yang dapat menimbulkan penyakit bronkitis dan pneumonia. Beberapa gejala yang akan dialami oleh penderita COVID-19 yaitu demam tinggi terutama pada penderita pneumonia, batuk disertai lendir, sesak napas, nyeri dada atau sesak saat bernapas dan batuk.

Infeksi bisa saja menjadi semakin parah apabila virus menyerang orang-orang tertentu misalnya yaitu orang dengan sistem imun tubuh yang lemah, penderita penyakit saluran pernapasan misalnya paru-paru ataupun jantung, termasuk bayi dan lansia. Apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, virus corona dapat menyebabkan komplikasi yang fatal yaitu dapat menyebabkan kegagalan pernapasan, gagal jantung, hingga menyebabkan kematian.

Pengobatan Virus Corona

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin dan juga pengobatan khusus untuk pasien virus corona. Umumnya pasien akan sembuh dengan sendirinya karena sistem imun yang menjaga tubuh dari serangan virus. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh agar bisa sembuh dari virus corona.

Apabila merasa khawatir dengan gejala yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera menghubungi tenaga medis untuk dilakukan diagnosis dan mendapatkan penanganan yang tepat. Namun apabila seseorang dianggap menderita virus corona yang serius seperti MERS, SARS, dan COVID-19, maka penanganannya akan disesuaikan dengan kondisi pasien dan gejala yang dialami.

Biasanya dokter akan merujuk pasien penderita COVID-19 ke RS rujukan yang telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan atau tenaga medis yang akan datang ke lokasi untuk mencegah agar penyebaran tidak semakin luas.

Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin virus corona sehingga hal yang bisa dilakukan untuk pengobatan virus corona adalah beberapa hal yang sudah disebutkan di atas. Kita sebagai masyarakat yang masih sehat dan belum terjangkit virus corona bisa membantu untuk menghentikan penyebaran virus agar tidak ada semakin banyak orang-orang yang terinfeksi.

Di Indonesia sudah ribuan yang terinfeksi dan ratusan yang meninggal bahkan masih banyak yang sedang dirawat dan berusaha sekuat tenaga untuk melawan virus corona yang menyerang. Kita sebagai masyarakat memiliki peranan penting dalam melakukan pencegahan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan isolasi mandiri dan jangan keluar rumah apabila tidak diperlukan. Namun apabila terpaksa harus keluar rumah karena kepentingan tertentu maka pastikan untuk selalu menggunakan masker, menghindari kerumunan orang banyak, dan melakukan jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Pencegahan bukan hanya sampai di situ saja, tangan juga harus dicuci dengan air dan sabun minimal 20 detik dengan cara cuci tangan yang tepat dan jika bisa hingga ke siku tangan untuk membunuh virus corona yang menempel. Selalu ingat untuk tidak menyentuh bagian wajah teruama area mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor yang belum dicuci dengan sabun.

Cara Mencegah Virus Corona di rumah

Apabila sedang di luar rumah dan kondisi tidak memungkinkan untuk cuci tangan, maka bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 70%. Namun setibanya di rumah tetap wajib cuci tangan dengan air dan sabun. Secara pribadi, apabila sedang keluar rumah meskipun hanya untuk berbelanja keperluan makanan, tetap harus menggunakan masker dan cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Sebelum masuk juga sebisa mungkin cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu agar permukaan barang di rumah tidak terpapar virus. Barang belanjaan juga akan dibersihkan dan disterilkan dengan semprotan disinfektan agar bersih dari virus dan kuman. Setelah steril, tetap harus cuci tangan lagi untuk memastikan semuanya benar-benar steril.

Selain itu, permukaan benda yang sering dipegang juga akan dibersihkan dan disterilkan misalnya seperti gagang pintu, saklar lampu, dan permukaan benda lainnya. Setelah itu akan lanjut melakukan isolasi mandiri di rumah. Isolasi mandiri di rumah bukan berarti hanya berdiam diri saja. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah salah satunya yaitu untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Cara Meningkatkan sistem imun

Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan sistem imun adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah bahkan dikonsumsi setiap hari. Istirahat yang cukup juga diperlukan setidaknya tidur selama 7-8 jam sehari. Hindari stress, rokok, alkohol, dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Olahraga juga bisa dilakukan namun karena sedang isolasi diri maka bisa berolahraga ringan di rumah.

Bisa juga dengan mengonsumsi tambahan suplemen makana ataupun vitamin sebagai pencegahan virus dan meningkatkan sistem imun. Salah satu hal penting yang tidak boleh dilwatkan adalah mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tentu saja rumah juga harus dibersihkan secara rutin setiap hari. Hingga saat ini sudah melakukan isolasi diri selama hampir 2 bulan.

Untuk mendapatkan produk-produk pencegahan virus corona, bisa langsung mengunjungi website Halodoc. Anda juga bisa menanyakan tentang penanganan dan pencegahan yang tepat kepada dokter di Halodoc apabila situasi sedang tidak memungkinkan untuk keluar rumah dan dicuragi memiliki gejala virus corona.

Sistem imun yang kuat dan penanganan yang cepat dan tepat dapat meningkatkan kesembuhan infeksi virus corona. Dokter di Halodoc akan melakukan diagnosa awal dan akan dirujuk ke RS rujukan di kota anda apabila memang diperlukan. Untuk mengakses Halodoc bisa melalui website ataupun dari aplikasi di smartphone anda.

 

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id