Home Info Kesehatan Ini Cara Supaya Tidak Bergantung Dengan Karbohidrat!

Ini Cara Supaya Tidak Bergantung Dengan Karbohidrat!

764
0

Trik-Makan-Nasi-Tanpa-Bikin-Gendut

Kabarmaya.com – Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi terbesar bagi manusia. Masyarakat Indonesia saja mengatakan belum kenyang jika belum makan nasi. Itulah sebabnya mengapa masyarakat sangat sulit untuk meninggalkan karbohidrat.

Karbohidrat sendiri terdiri dari berbagai jenis makanan. Karbohidrat bisa berbentuk nasi, kentang, roti, mie, dan lain sebagainya. Namun yang perlu diingat konsumsi karbohidrat terlalu banyak, hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain akan menimbulkan obesitas, kebanyakan memakan karbohidrat akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh terganggu. Ada beberapa cara yang dilakukan agar konsumsi karbohidrat tidak berlebihan, diantaranya sebagai berikut.

•    Makanan berserat
Untuk mengurangi konsumsi karbohidrat, konsumsilah makanan berserat seperti sayuran hijau. Ada beberapa pilihan sayuran hijau seperti brokoli, kankung, sawi, dan lain sebagainya. Selain itu, nasi putih dapat diganti dengan nasi merah yang kaya akan serat.

•    Asupan protein
Konsumsi protein lebih dari biasanya. Misalnya saja untuk sarapan, usahakan hadirkan telur dan susu setiap pagi. Untuk menu makan siang bisa diganti dengan tempe, tahu, atau ikan laut supaya tidak bosan. Boleh mengkonsumsi daging, tapi jangan terlalu sering karena pada dasarnya daging merah tidak baik untuk tubuh.

•    Minum air putih
Solusi mudah untuk mengisi perut yang sedang lapar adalah minum air putih, apalagi untuk mensukseskan program diet. Minum air putih akan membuat perut penuh dan mengurangi porsi karbohidrat untuk masuk ke dalam perut. Ada trik khusus untuk tidak makan terlalu banyak, yaitu biasakan meminum satu gelas air putih sebelum makan besar.

Loading...