Mobile Site

6 Politisi yang Dimakamkan di San Diego Hills

Berita Selebriti 187 View

San Diego Hills bisa dikatakan merupakan salah satu pemakaman swasta yang sangat mewah. Menggunakan paduan konsep pemakaman modern dan budaya Indonesia, San Diego Hills memberikan konsep pemakaman khusus yang unik dan jauh dari kesan menyeramkan. Dikarenakan merupakan pemakaman khusus, cukup banyak politisi yang dimakamkan di San Diego Hills.

Umumnya, politisi yang dimakamkan adalah mereka yang selain terkenal juga memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam pemerintahan Indonesia ataupun partai politik tempat ia bernaung. Tentu, pemakaman mereka di San Diego Hills bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk penghargaan dari peran sentral mereka.

Fasilitas di Area Pemakaman San Diego Hills

Sebagai pemakaman khusus dan elite, San Diego Hills memiliki cukup banyak fasilitas yang bisa dikatakan mewah dan mungkin hanya satu-satunya di pemakaman Indonesia. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di San Diego Hills, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tempat ibadah sebelum upacara pemakaman
  • Gedung serbaguna
  • Restoran ala Italia dengan menu spesial
  • Fasilitas olahraga
  • Food mart untuk kebutuhan sehari-hari
  • Gift shop dan flower shop
  • Danau dengan fasilitas perahu dayung
  • Marketing office

Tokoh dan Politisi yang Dimakamkan di San Diego Hills

Bisa dikatakan bahwa mereka yang dimakamkan di San Diego Hills adalah orang-orang yang penting dan memiliki pengaruh, salah satunya adalah para politisi. Adapun beberapa politisi yang dimakamkan di San Diego Hills adalah sebagai berikut:

  • Mangara Siahaan

Mangara Siahaan adalah salah satu politisi senior yang berasal dari PDI Perjuangan. Ia merupakan tokoh yang cukup sentral, terutama dalam pembentukan partai di awal-awal perjuangannya. Selain itu, Mangara Siahaan merupakan panutan dan sumber inspirasi generasi muda PDI Perjuangan untuk berkiprah di kancah politik di Indonesia.

Ia meninggal dunia pada Jumat, 3 Juni 2016 yang lalu setelah berjibaku dengan gangguan kesehatan yang diderita beberapa waktu. Dalam pemakaman yang diselenggarakan tersebut, tampak ketua umum PDI Perjuangan Megawati Sukarno Putri hadir dan didampingi dengan beberapa tokoh partai lainnya.

  • Noviwaldy Jusman

Noviwaldy Jusman merupakan seorang politisi yang cukup penting dan berpengaruh dari Partai Demokrat. Ia tercatat pernah menduduki beberapa posisi penting di partai dan juga pemerintahan di daerah asalnya, Riau.

Politisi yang dikenal pula dengan nama Dedet ini pernah menjadi Wakil Ketua DPRD Riau dua periode, yaitu periode 2009 – 2014 dan 2014 – 2019.Namun, kondisi kesehatan yang terus menurun membuatnya menepi panggung politik Indonesia. Ia akhirnya meninggal dunia pada 25 Juni 2020 di Rumah Sakit Siloam setelah berjibaku dengan penyakit yang diderita.

  • JB Sumarlin

JB Sumarlin adalah salah satu politisi yang dimakamkan di taman pemakaman San Diego Hills. Ia merupakan sosok yang cukup vokal pada pemerintahan era Orde Baru. Karena kecakapannya dalam bidang politik, JB Sumarlin sempat menjabat menjadi Menteri Keuangan pada saat Presiden Suharto berkuasa.

Tokoh senior ini menghembuskan napas terakhirnya pada 6 Februari 2020 silam di Rumah Sakit Carolus, Jakarta dalam usia 87 tahun. JB Sumarlin meninggal setelah menderita komplikasi penyakit diabetes yang kemudian menyerang beberapa bagian vital tubuh lainnya.

Dalam upacara pemakaman yang dilakukan di pemakaman khusus San Diego Hills, tampak beberapa tokoh senior dan rekan sejawatnya dalam karier politik, seperti Akbar Tanjung hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri pemakaman tersebut.

  • Ventje Rumangkang

Ventje Rumangkang adalah seorang politisi senior yang berkiprah cukup lama dalam kontestasi politik di Indonesia. Ia adalah salah satu pendiri dari Partai Demokrat dan menjadi tokoh yang banyak memberikan inspirasi hingga Partai Demokrat bisa memenangkan pemilihan umum di Indonesia.

Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Pusat pada 24 Februari 2020 yang lalu setelah berjibaku dengan gangguan kesehatan yang diderita. Untuk menghargai jasa yang telah diberikan, terutama sumbangsih pada partai, jenazah Ventje Rumangkang dimakamkan di San Diego Hills. Tampak tokoh-tokoh penting Partai Demokrat hadir dalam pemakaman tersebut.

  • Usman Ja’far

Usman Ja’far adalah salah satu politisi ulung di Indonesia yang sudah malang-melintang di kancah politik nasional. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Barat dan juga anggota DPR RI.

Karier politik Usman Ja’far bisa dikatakan cukup cemerlang. Setelah ia menjadi Gubernur Kalimantan Barat pada periode 2003 hingga 2008, ia kemudian melanjutkan karier politiknya dengan menjadi anggota DPR untuk periode 2009 hingga 2014. Pada periode 2014 hingga 2019, ia kembali terpilih sebagai anggota dewan, yang tidak bisa ia selesaikan karena maut yang menjemput.

Usman Ja’far meninggal dunia pada 15 Mei 2015 yang lalu. Setelah proses perawatan, jenazah politisi PPP ini kemudian dibawa ke San Diego Hills untuk dimakamkan.

  • Marwoto Mirtohardjono

Marwoto Mirtohardjono merupakan seorang politisi senior yang berasal dari PAN. Ia lahir di Jawa Tengah pada 23 Juni 1944 silam dan menjadi salah satu kader partai yang setia dan memiliki peran yang cukup penting.

Tercatat, politisi PAN ini pernah memiliki beberapa jabatan penting dalam karier politik. Ia sempat menjadi anggota di Komisi Keuangan dan Perbankan DPR pada periode 2004 hingga 2009. Kemudian, ia yang dekat dengan tokoh senior PAN, Amien Rais, terpilih menjadi wakil rakyat untuk periode 2009 – 2014 daerah pemilihan Jawa Tengah V.

Ia meninggal dunia pada 3 Januari 2009 silam dan dimakamkan di San Diego Hills. Banyak tokoh partai yang datang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada politisi ini.

Beberapa tokoh di atas adalah para politisi yang dimakamkan di San Diego Hills. Mereka memang memiliki peran yang cukup sentral dalam dunia politik hingga layak diberikan penghargaan di akhir hayatnya.

Deskripsi: politisi yang dimakamkan di San Diego Hills berasal dari berbagai kalangan. Pemakaman mewah ini menjadi salah satu bentuk penghargaan dari peran mereka.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id