Mobile Site

Pengertian, Daftar Biaya, dan Prosedur PCR Test

Kesehatan 105 View

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan sejumlah Pemerintah Daerah beberapa waktu lalu mengeluarkan peraturan agar para pendatang dari luar kota harus menunjukkan surat izin bepergian. Masyarakat harus bisa menunjukkan surat tugas, surat keterangan sehat, dan surat keterangan tes baik rapid test maupun PCR test dengan hasil negatif kepada petugas yang mengecek dokumen di perbatasan wilayah kota/kabupaten.

Peraturan tersebut dikeluarkan oleh Gugus Tugas melalui sebuah Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2020. Dari ketiga syarat kelengkapan dokumen perjalanan tersebut, yang cukup asing di telinga masyarakat adalah PCR Test.

 

Pengertian tes PCR, daftar biaya tes PCR, kapan hasil pemeriksaan tes PCR bisa diambil, dan prosedur tes PCR?

1.    Pengertian tes PCR

Tes Swab PCR (Polymerase Chain Reaction) bertujuan untuk mendiagnosis seseorang apakah dalam tubuhnya terdeteksi Covid-19 atau tidak. Selain tes PCR, ada jenis tes lain yang juga merupakan metode pemeriksaan diagnosa Covid-19, yaitu rapid test. Namun, bedanya, rapid test hanya digunakan untuk penyaringan awal alias skrining.

Sementara itu, PCR Test merupakan jenis tes lanjutan yang lebih akurat mendeteksi RNA virus Corona penyebab Covid-19 dalam tubuh seseorang.

Tidak hanya Covid-19, tes PCR juga dapat mendeteksi penyakit lain seperti Klamidia, Gonore, Pertusis, HPV, HIV, Hepatitis C, Cytomegalovirus, dan penyakit Lyme.

2.    Daftar biaya tes PCR

Biaya tes PCR memang cukup mahal. Pasalnya, petugas medis membutuhkan alat-alat dan reagen yang mahal, keahlian khusus, dan risiko kerja tinggi. Bahkan, kini ada metode swap test yang dilakukan secara drive thru alias pasien yang akan dites tidak perlu masuk ke dalam gedung RS. Biaya tes PCR bervariasi, biasanya antara Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta. Berikut ini daftar biaya tes PCR sejumlah rumah sakit di Indonesia per bulan September 2020:

  • RS Restu Kasih Jakarta Timur Rp1,4 juta
  • RS Royal Taruma Kalideres Jakarta Rp1,488 juta
  • RS FMC Bogor Rp1,350 juta
  • RS Premier Jatinegara Rp2 juta
  • Siloam Hospitals Semarang Rp2,6 juta
  • RS Islam Yogyakarta PDHI Rp2,25 juta
  • RS Pelni Rp1,25 juta
  • Mayapada Hospital Rp1,5 juta
  • Klinik Prodia Rp2,5 juta
  • RSUD Dr. Moewardi Solo Rp1,6 juta

Biaya tersebut biasanya sudah termasuk pembayaran dan konsultasi dokter. Untuk rumah sakit yang menjadi rujukan utama/pemerintah, misalnya RSUD Dr. Moewardi, pasien tidak dipungut biaya apabila mengantongi surat rujukan pemeriksaan uji swab dari pemerintah. Sementara itu, tes PCR atas permintaan sendiri untuk kesehatan pasien sendiri berbayar. Kemudian, ada biaya tambahan jika pasien bersangkutan ingin pemeriksaan tambahan. Cek dengan fasilitas kesehatan bersangkutan untuk mengetahui rincian pembayaran dan biaya total tes PCR.

3.    Kapan hasil pemeriksaan tes PCR bisa diambil

Hasil swab PCR test bisa diketahui sekitar 3 hingga 5 hari setelah dites. Jika tes dinyatakan positif, pihak RS akan melanjutkan pemeriksaan lanjutan dsb. Sementara itu, jika hasilnya negatif, pihak RS akan memberikan surat keterangan negatif Covid-19. Surat itulah yang termasuk dalam dokumen yang harus ditunjukkan masyarakat kepada petugas ketika hendak bepergian ke luar daerah.

4.    Prosedur tes PCR

Prosedur swab PCR adalah dengan mengambil sampel lendir dari hidung dan tenggorokan karena kedua bagian tubuh itulah jalan masuk virus Covid-19 (SARS-COV-2) ke dalam tubuh manusia. Prosedur mengambil sampel dahak hanya berlangsung sekitar 15 detik dengan metode swab. Kemudian, sampel ini diteliti di laboratorium.

RNA sampel menjalani proses konversi menjadi DNA dengan bantuan enzim reverse-transcriptase. Proses inilah yang disebut dengan reverse-transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR).  Keberadaan RNA penyebab virus Corona bisa dideteksi dengan tes PCR setelah melalui teknik perbanyakan (amplifikasi). Hasil pemeriksaan dinyatakan positif apabila RNA penyebab virus Corona terdeteksi oleh mesin PCR.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id