Mobile Site

Pantai Siung, Salah Satu Pantai Ciamik di Yogyakarta 

Wisata 37 View

Kota yang dijuluki sebagai Kota Pelajar ini menawarkan keindahan alam yang memukau, khususnya pantai. Jejeran pantai di Yogyakarta bisa ditemukan di daerah Gunungkidul yang letaknya berdekatan satu sama lain. Ada Pantai Siung, salah satu pantai terindah yang tak boleh dilewatkan.

Pertanyaannya, kenapa Pantai Siung kalau ada pantai lainnya? Berikut alasannya sekaligus informasi lebih lanjut tentang Pantai Siung

 

  • Alasan Berkunjung ke Pantai Siung

 

Berbeda dari pantai lainnya, di Pantai Siung kamu bisa menyaksikan pemandangan batu karang raksasa. Sekilas, batu ini terlihat seperti batu raksasa biasa. Namun, dari kejauhan bentuknya menyerupai gigi kera.

 

Tahun 2005 silam, pemerintah setempat menjadikan kawasan Pantai Siung sebagai lokasi yang dikhususkan untuk panjat tebing. Di tahun yang sama pula, tepat ini dijadikan sebagai lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh negara-negara di Asia dan Eropa. 

 

  • Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai

 

Mendaki menjadi salah satu aktivitas yang patut dicoba di Pantai Siung. Disini kamu bisa lihat tingkat kemampuanmu saat mendaki batu karang raksasa. Selain itu, kamu bisa bersantai menikmati panorama pantai, berfoto, berenang, atau menikmati bekal dari rumah.

 

Kalau belum puas dengan pesona pantai di siang atau sore hari, kamu bisa bermalam di pantai. Sebaiknya sediakan tenda dan alat-alat berkemah yang lengkap agar kamu bisa tidur nyenyak nantinya.

 

  • Fasilitas yang Bisa Didapatkan

 

Dari segi fasilitas, sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa. Fasilitas yang ditawarkan hampir sama dengan kebanyakan pantai di Yogyakarta. Cuma ada kamar mandi, parkir, dan penjual makanan serta minuman di sekitar pantai.

 

Saat ini sudah ada beberapa pilihan penginapan di dekat Pantai Siung. Namun, kamu tidak bisa berharap banyak pada konsep dan fasilitas di dalam penginapan. 

 

  • Akses Menuju Pantai

 

Untuk bisa sampai ke Pantai Siung, butuh waktu tempuh selama 2-3 jam dari pusat kota. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil karena sampai sekarang belum ada angkutan umum ke Gunungkidul.

 

Kondisi jalan di sepanjang perjalanan cukup baik. Adapun jalanan bebatuan, kondisinya tidak terlalu parah karena masih bisa dilewati tanpa takur merusak kendaraan.

 

  • Biaya yang Harus Dikeluarkan

 

Poin terakhir yang tak kalah penting adalah urusan biaya. Tenang, liburanmu kali ini bisa dikatakan hemat biaya. Harga tiket masuk Rp 10.000 per orang. Parkir sepeda motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

 

Akan semakin hemat lagi kalau kamu membawa bekal atau camilan dari rumah. Alhasil, kamu tak perlu membeli makanan yang dijajakan oleh pedagang di sekitar pantai.

 

Bagi wisatawan luar kota yang ingin ke Yogyakarta, pastikan memasukkan Pantai Siung dalam destinasi perjalananmu. Demi menunjang keselamatan dan kenyamanan, dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi. Kalau tidak ada, kamu bisa coba sewa mobil di Yogyakarta saja. 

 

Satu perusahaan sewa mobil yang patut dilirik adalah TRAC. Armada disini telah disemprot cairan disinfektan terlebih dulu, baik sebelum maupun sesudah pemakaian. Perusahaan juga menerapkan pembatasan penumpang di dalam mobil sebanyak 4 orang, termasuk driver guna mencegah penularan Covid-19.

 

Sumber :

https://anekatempatwisata.com/pantai-siung-pesona-pantai-di-yogyakarta-yang-tak-boleh-dilewatkan/

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id