Mobile Site

Fakta, Gejala, Pencegahan, dan Tips Meminimalisir Resiko Terjangkit Virus Corona

Kesehatan 72 View

Awal tahun 2020, kita semua dikejutkan dengan penyakit baru berasal dari Wuhan, Cina. Penyakit virus corona atau yang dikenal dengan istilah covid-19 ini dengan cepat menyebar ke berbagai negara hingga ke seluruh dunia hingga kini. Pandemic yang menyerang seluruh negara di dunia ini membuat kita semua harus waspada. Banyak sekali korban jiwa akibat terinfeksi virus ini. Pasien yang terpapar covid-19 harus dirawat secara intensif, khususnya jika penderita mengalami gejala berat.

Fakta-fakta Terkait Virus Corona

Ada beberapa fakta penting yang harus kalian ketahui berkaitan dengan wabah virus ini:

     Covid-19 teridentifikasi tanggal 07/01/20, kurang lebih satu minggu setelah kasus pertama di kota Wuhan, Tiongkok muncul.

     Covid-19 termasuk kelompok virus yang sama dengan penyebab SARS & MERS.

     Asal & penularan virus ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, dugaan menyebutkan bahwa virus ini asalnya dari hewan & dapat menular antar manusia.

     Cara atau obat covid-19 belum ditemukan hingga kini.

Dengan situasi ini, pemerintah Indonesia membuat aturan ketat untuk jalur masuk Indonesia, termasuk Pelabuhan & bandara. Pemerintah juga menghimbau pihak Pelabuhan & bandar supaya melakukan pemindai suhu tubuh untuk para calon penumpang, khususnya mereka yang datang dari zona merah.

Gejala-gejala Virus Corona

Virus ini menyerang saluran pernapasan manusia. Itulah kenapa orang yang terinfeksi covid-19 biasanya mengalami gejala yang hampir sama dengan flu. Namun demikian, gejala awal dari covid-19 ini mirip dengan MERS & SARS, yakni batuk-batuk dan deman. Menurut laporan, banyak penderita covid-19 yang mengalami sesak napas dan terbentuknya cairan/zat infiltrate pada paru-paru.

Sebagian kasus menunjukkan kalau penderita covid-19 mengalami gagal ginjal & gagal hati. Namun demikian, belum ditemukan gejala spesifik yang bisa dijadikan acuan untuk mengidentifikasi covid-19 hingga kini.

Jika kalian mengalami gejala infeksi covid-19 & membutuhkan pemeriksaan, kalian bisa melakukan beberapa Langkah:

  1. Rapid test antibody
  2. Swab antigen atau rapid tes atigen
  3. Tes PCR

Tes PCR adalah Langkah yang paling akurat untuk menentukan apakah kalian terpapar covid-19 atau tidak. MERS & SARS juga termasuk kondisi yang ditandai dengan infeksi serius pada pernapasan. Selain itu, kedua penyakit ini juga pernah mewabah ke seluruh penjuru dunia & menimbulkan ketakutan besar saat itu.

Tahun 2002 hingga 2003, ada sekitar 774 orang meninggal karena SARS. Sementara itu, tahun 2019 WHO mencatat ada lebih dari 800 orang meninggal akibat MERS. Meskipun disebabkan virus dengan golongan sama, infeksi covid-19 diperkirakan tidak menyebabkan kematian secepat MERS & SARS.

Jika kalian mengalami gejala, punya factor resiko, maupun baru saja melakukan perjalanan ke wilayah zona merah covid-19, kalian bisa mendeteksi resiko dengan gejala-gejala yang ada. Yang jelas, kita semua dihimbau untuk melakukan upaya pencegahan covid-19 & memeriksakan diri ke rumah sakit atau dokter. Bagaimanapun juga, kondisi ini bisa berakibat fatal jika tidak mendapat penanganan yang cepat & tepat.

Cara Mencegah Virus Corona

Pada awal munculnya wabah ini, WHO memberikan anjuran untuk melarang wisata & perdagangan di Tiongkok, negara asal virus ini. Tujuannya sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. Namun demikian, virus ini sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia sekarang. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk mencegah tertular virus corona? Ada beberapa Langkah yang bisa kalian ikuti:

     Rutin mencuci tangan menggunakan sabun, baik sebelum maupun sesudah beraktifitas

     Menerapkan physical distancing di mana saja & kapan saja

     Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang & memastikan makanan yang dikonsumsi sudah dimasak sampai benar-benar matang

     Memperkuat sistem imundengan minum air putih yang cukup, berolahraga secara teratur, serta istirahat yang cukup

     Selalu menggunakan masker Ketika beraktifitas, khususnya jika berada di fasilitas umum atau luar ruangan

     Menghindari gigitan serangga dengan cara mengoleskan lotion anti serangga & menggunakan pakaian tertutup

     Melakukan hubungan seks yang sehat. Misalnya adalah dengan menggunakan kondom Ketika berhubungan badan & setia pada 1 pasangan.

     Membatasi kontak langsung dengan orang lain, terlebih orang yang sedang sakit

     Menghindari bepergian ke wilayah yang berpotensi menjadi tempat penyebaran covid-19

     Rutin melakukan pemeriksaan Kesehatan ke rumah sakit atau dokter

Sampai saat ini, penelitian tentang sumber, penyebaran, serta cara mengobati covid-19 masih dilakukan terus. Sementara ini, beberapa Langkah yang sudah disebutkan di atas bisa diterapkan untuk menjaga diri atau setidaknya meminimalisir dari paparan covid-19 ini.

Apabila kalian mengalami gejala seperti deman disertai batuk, sakit tenggorokan, atau sesak napas, khususnya jika dalam 14 hari terakhir kalian berdekatan dengan orang yang terpapar covid-19, segeralah melakukan isolasi mandiri. Akan lebih baik lagi jika kalian melakukan tes baik itu rapid test antibody, tes swab antigen, atau bahkan tes swab PCR untuk memastikan apakah kalian terpapar covid-19 atau tidak.

Tips Mengurangi Resiko Terpapar Virus Corona

Untuk mengurangi resiko terpapar covid-19, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti. Salah satunya adalah mengikuti anjuran dan himbauan pemerintah tentang protokol Kesehatan. Ya, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan himbauan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Pemerintah menghimbau kita untuk selalu memakai masker Ketika bepergian atau berbicara dengan orang lain. Selain itu, pemerintah juga menghimbau kita untuk menjaga jarak Ketika berinteraksi dengan orang lain. Bahkan, sebisa mungkin menghindari kerumunan atau acara kumpul-kumpul. Kemudian, kita juga dihimbau untuk lebih sering mencuci tangan, khususnya setelah bersalaman, memegang benda-benda di tempat umum, dll. Mencuci tangan yang efektif adalah dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir.

Selain 3M di atas, kalian juga bisa berjaga-jaga dengan selalu membawa hand sanitizer Ketika bepergian. Jadi, kalian bisa menggunakannya jika dirasa perlu. Kalian bisa menggunakan hand sanitizer baik dalam bentuk gel maupun spray.

Tips lain adalah dengan memperbanyak makan makanan bergizi dan minuman yang mengandung vitamin C. Tujuannya adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tubuh yang kuat, resiko terpapar covid-19 semakin kecil.

Satu lagi, kalian bisa menggunakan Drew care di rumah kalian. Alat ini dapat mensterilkan udara di dalam ruangan sehingga udara yang kalian hirup bukan hanya bersih tapi juga sehat. Perlu diketahui, Air Purifier ini dilengkapi dengan sistem HEPA HIS 13 Filter. Fitur ini mampu membersihkan 99.9 persen partikel udara seperti debu, kuman, dll.

Selain itu, alat ini juga hadir dengan UV sterilizer. Artinya, alat ini efektif untuk membunuh virus. Cara kerjanya adalah mematikan DNA virus tersebut atau pathogen-patogen. Bahkan, alat ini juga dapat menonaktifkan supaya virus/pathogen yang terfilter sehingga virus-virus tersebut tidak bisa berkembang biak. Meski belum terbukti bisa mencegah virus corona, setidaknya Drew Air Purifier bisa memperkecil resiko terpapar virus ini.

 

 

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id