Mobile Site

4 Efek Samping Fisioterapi Infra Merah untuk Wanita Hamil

Kesehatan 33 View

Untuk mengurangi nyeri & rasa tidak nyaman, ibu hamil kadang melakukan fisioterapi infra merah (infrared). Fisioterapi infra merah adalah jenis terapi untuk Kesehatan fisik & rehabilitasi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik sepanjang 106 – 770 nm. Tujuannya adalah untuk pemanasan struktur muskuloskeletal bagian luar kulit dengan penetrasi 0.8 – 1 nm. Lalu, apa efek samping fisioterapi infra merah?

Prinsip Fisioterapi Infra Merah

Terapi infrared memberikan pemanasan permukaan kulit yang akan dirawat dengan efek fisiologis menyembuhkan penyakit. Di sini, peran fisiologisnya mengaktifkan reseptor panas permukaan kulit dan bisa mengubah kondisi konduksi atau transmisi saraf sensorik Ketika mengirimkan rasa sakit sehingga rasa sakit berkurang.

Fisioterapi infra merah dapat membuat pembuluh darah membesar atau melebar sehingga bisa aliran darah dan oksigen meningkat. Hal ini membuat aktivitas enzim metabolisme meningkat & sisa hasil metabolisme terhapus sehingga membentuk jaringan sembuh lebih cepat.

Fisioterapi infra merah juga menimbulkan kenyamanan & relaksasi serta mengurangi nyeri yang diakibatkan ketegangan otot. Terapi ini juga dapat meningkatkan perpanjangan jaringan lunak di sekitar area persendian seperti kapsul persendian & ligamen sehingga pergerakan sendi akan meningkat, khususnya persendian kaki & tangan.

Manfaat Fisioterapi Infra Merah

Infra merah sering digunakan dalam bidang Kesehatan. Sinar infrared dapat meningkatkan cairan tubuh, mencegah penyakit jantung, menjaga Kesehatan kulit, meredakan nyeri, dan masih banyak lagi manfaatnya. Teknologi infra merah juga digunakan dalam berbagai macam keperluan. Di dunia medis sendiri, infra merah sudah banyak digunakan untuk keperluan medis & terapi.

  1. Mencegah Resiko Gagal Jantung

Kehadiran sinar infrared bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan sinar infrared pada molekul air membuat orang merasakan panas sehingga pembuluh kapiler meningkat & juga meningkatkan suhu kulit. Hal ini akan mengurangi tekanan pada jantung.

  1. Mengembalikan Cairan Tubuh yang Hilang

Salah satu efek samping fisioterapi infra merah adalah meningkatnya air dalam tubuh. Pada dasarnya, infra merah membuat molekul pada tubuh bergetar. Getaran bertahap akan terurai & menjadi molekul. Ketika berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak air. Tapi molekul ini bisa menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Wanita pasti tahu kalau infra merah bisa menjaga Kesehatan dan kecantikan kulit. Agar kulit cantik, pH kulit harus seimbang. Keseimbangan pH ini bisa ditingkatkan menggunakan sinar infra merah. Sinar infra merah juga dipercaya bisa memperbaiki tekstur kulit sehingga membuatnya lebih halus. Itulah kenapa banyak klinik kecantikan menggunakan teknologi sinar infra merah untuk perawatan kulit.

  1. Meredakan Nyeri

Wanita hamil sering mengeluhkan rasa nyeri. Masalah nyeri otot, nyeri pinggang, dan nyeri sendi memang akrab dengan ibu hamil. Salah satu cara meredakan rasa nyeri adalah dengan teknologi infra merah. Efek panas sinar infra merah dapat membuat rasa sakit berkurang, bahkan hilang. Itulah kenapa fisioterapi infra merah sering digunakan pada ibu hamil.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung & GInjal

Ternyata, infra merah tak hanya bagus untuk Kesehatan jantung tapi juga hati & ginjal. Radiasi inframerah bermanfaat meningkatkan mikrosirkulasi dalam tubuh sehingga pembuangan racun di dalam tubuh meningkat. Hal ini akan meringankan kerja hati. Tak hanya itu saja, kerja ginjal akan lebih ringan juga karena pembuangan racun meningkat.

  1. Mengobati Cacar

Selain menghaluskan dan mempercantik kulit, infra merah juga bisa mengobati cacar. Gelombang infra merah bisa membersihkan bakteri dalam tubuh secara efektif. Banyak alat Kesehatan yang menggunakan teknologi infra merah dan digunakan untuk mengobati cacar. Ya, cacar adalah salah satu penyakit yang dulunya cukup membuat dunia kewalahan menghadapinya.

Teknologi infra merah adalah teknologi yang memancarkan sinar elektromagnetik yang manfaatnya sangat besar untuk tubuh manusia. Tak hanya menjaga Kesehatan kulit, radiasi infra merah juga bisa mencegah berbagai macam penyakit mulai dari jantung, hati, hingga ginjal. Bagi orang-orang yang punya masalah tertentu pada tubuh, perawatan infra merah bisa menjadi alternatif yang bagus untuk penyembuhan. Efek samping fisioterapi infra merah pun cukup aman.

Efek Samping Fisioterapi Infrared pada Wanita Hamil

Ketika kandungan sudah membesar, ibu hamil umumnya mulai merasa tidak nyaman akibat nyeri punggung, nyeri dada, dll. Sebelum hamil, Wanita biasanya memilih mencari ahli terapi fisik untuk meredakan nyeri. Tapi saat hamil, tentu saja terapi fisik tidak cukup aman. Itulah kenapa terapi infra merah menjadi alternatifnya.

Lalu, apakah terapi infra merah pada Wanita hamil aman? Meski aman, tapi  ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi dengan penggunaan infra merah untuk Wanita hamil. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan bidan atau dokter kandungan sebelum melakukan Langkah ini. Beberapa efek samping yang umum adalah:

  1. Resiko Kanker Kulit

seperti halnya sinar ultraviolet, sinar infra merah juga bisa menimbulkan bahaya untuk kulit. Jika terlalu banyak digunakan pada kulit, jaringan kulit terdalam akan rusak akibat paparan panas dari sinar infra merah. Bahkan, penggunaan infra merah yang terus menerus bisa mengakibatkan resiko kanker kulit karena pigmentasi kulit & kolagen bisa rusak. Jika ini terjadi, biasanya akan muncul flek hitam pada kulit.

  1. Kulit Terasa Terbakar

Sinar infra merah sama kuatnya dengan sinar ultraviolet yang dipancarkan ke bumi. Itulah kenapa sinar matahari juga termasuk infra merah, meski bukan buatan manusia. Sinar infra merah bisa menembus jaringan kulit paling dalam & menghancurkan kolagen di bawah kulit. Apabila dibiarkan terus, kulit bisa melepuh bahkan terbakar.

  1. Memicu Penuaan Dini

Meski sering digunakan dalam salon kecantikan, sinar infra merah bekerja seperti sinar matahari. Jika langsung mengenai kulit, apalagi terus-menerus, infra merah bisa membahayakan kulit.  Pasalnya, sinar infra merah bisa mengganggu keseimbangan minyak alami & sel kolagen kulit yang mengakibatkan kerusakan sel kulit. Kondisi ini dapat membuat ibu hamil terlihat lebih tua serta membuat kulit tampak lebih gelap. Jadi, pastikan konsultasi dulu dengan ahlinya sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan atau pengobatan menggunakan infra merah.

  1. Menimbulkan Gangguan Jaringan Retina Mata

Gelombang infrared dapat menembus retina pada mata. Artinya, infra merah bisa memicu penumpukan kabut putih yang menutupi retina. Jika terus menerus berlanjut, hal ini bisa mengakibatkan katarak lensa mata. Tentu saja, hal ini sangat mengerikan. Jadi, penggunaan infra merah harus benar-benar sesuai dengan arahan dokter dan dilakukan oleh ahlinya.

Itulah beberapa efek samping fisioterapi infra merah, khususnya untuk wanita hamil. Sebenarnya, efek samping ini tak hanya berlaku untuk Wanita hamil tapi juga siapapun yang punya resiko yang sama. Ada baiknya kalian bertanya dulu jika ingin melakukan fisioterapi infra merah pada Wanita hamil guna menghindari berbagai kemungkinan resiko.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id