Mobile Site

Struktur dan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tepat Untuk Menarik HRD

Pendidikan 53 View

Mencari contoh surat lamaran kerja bisa jadi merupakan hal penting untuk dilakukan, terlebih ketika Anda hendak membuat surat lamaran untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Hal ini cukup beralasan karena surat lamaran yang dibuat akan berpengaruh pada kemungkinan apakah Anda diterima atau tidak.

Ya, secara tidak langsung, surat lamaran menjadi pertimbangan bagi HRD untuk meloloskan seorang pelamar kerja. Tentu, pelamar dengan surat lamaran yang tepat, lengkap dan profesional akan memiliki peluang mendapatkan interview yang lebih besar dibandingkan yang membuat surat lamaran asal-asalan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait surat lamaran kerja mulai dari struktur, tips penulisan dan contoh yang bisa dijadikan referensi. Penasaran bagaimana detail surat lamaran kerja yang perlu dibuat? Simak ulasan selengkapnya!

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat formal. Artinya, surat tersebut memiliki susunan yang sudah dibakukan. Oleh karenanya, untuk membuat surat lamaran kerja yang tepat, Anda harus mengikuti format surat penulisan surat tersebut.

Secara umum, adapun format penulisan untuk surat lamaran kerja yang disarankan adalah sebagai berikut:

  • Lokasi dan tanggal terkait penulisan surat lamaran kerja
  • Perihal surat
  • Identitas penerima dan alamat dari perusahaan yang dituju
  • Salam hormat
  • Kalimat pembuka
  • Identitas atau biodata diri
  • Kalimat untuk mempromosikan diri
  • Lampiran surat lamaran pekerjaan
  • Penutup dan salam
  • Nama pelamar pekerjaan dan tanda tangan

Jika dilihat sekilas, format penulisan untuk membuat surat lamaran kerja tersebut cenderung cukup simple dan sederhana. Namun, perlu diketahui bahwa selain mengikuti format dari penulisan surat lamaran kerja tersebut, Anda juga harus memastikan jika informasi di dalam surat tersebut ditulis secara lengkap dengan penulisan yang formal.

Tips Agar Surat Lamaran Kerja Menarik Bagi HRD

Sebagaimana disinggung di awal bahwa surat lamaran kerja yang dibuat secara langsung akan berpengaruh pada peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui tips untuk menulis surat lamaran kerja yang tepat tersebut.

Nah, ada beberapa tips yang cukup mendasar dan bisa dijadikan referensi serta petunjuk untuk membuat surat lamaran kerja yang tepat dan menarik bagi HRD. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan background surat lamaran kerja

Salah satu tips yang cukup efektif untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik adalah dengan menggunakan background surat lamaran kerja. Ini adalah tips yang bisa dikatakan simple namun cukup efektif.

Dengan penggunaan background ini, maka secara umum, surat lamaran kerja yang Anda buat akan terlihat lebih menarik. Penggunaan background ini juga cenderung lebih disarankan daripada Anda menggunakan latar surat yang hanya putih polos.

  • Memasang foto di surat lamaran kerja

Mencantumkan foto di lembar surat lamaran kerja adalah hal yang penting. Foto ini merupakan salah satu tanda profesionalisme yang Anda tunjukkan. Dalam hal ini, foto untuk surat lamaran kerja diletakkan di bagian pojok kanan atas di lembar surat. Tentu, foto yang digunakan adalah foto yang resmi.

  • Penulisan alamat tujuan surat yang lengkap

Ketika hendak membuat surat lamaran kerja, maka Anda harus menuliskan alamat tujuan dari surat tersebut secara lengkap. Ini adalah poin yang sangat krusial. Kesalahan penulisan alamat tujuan adalah kesalahan fatal yang bisa jadi membuat Anda gagal ke tahapan selanjutnya. Oleh karenanya, tulis dengan lengkap alamat yang dituju.

  • Menulis bagian pembuka surat lamaran kerja yang lengkap

Bagian pembuka surat lamaran kerja bisa dikatakan menjadi salah satu bagian yang cukup krusial. Hal ini dikarenakan bagian pembuka akan memberikan kesan pertama pada HRD yang hendak membaca keseluruhan isi dari surat lamaran kerja yang dibuat. Nah, untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, bagian ini harus ditulis dengan lengkap.

Apa yang perlu ditulis di bagian pembuka dari surat lamaran kerja adalah posisi di mana Anda ingin mendapatkan pekerjaan, nama perusahaan serta dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut sesuai dengan waktu yang lengkap.

  • Menuliskan biodata yang profesional

Biodata juga menjadi bagian yang cukup penting untuk diperhatikan ketika hendak membuat sebuah surat lamaran kerja. Hal ini dikarenakan biodata memberikan informasi lengkap mengenai siapa diri Anda.

Perihal biodata ini, pastikan Anda menuliskan data diri yang lengkap mulai dari identitas, alamat, nomor yang bisa dihubungi dan hal lainnya. Hanya saja, dalam penulisan biodata tersebut, pastikan jika Anda hanya menulis informasi yang penting saja. Informasi lain yang tidak ada kaitannya dengan data pribadi dan pekerjaan sebaiknya tidak dimasukkan.

  • Menuliskan kelebihan

Tidak ada salahnya jika Anda menuliskan kelebihan atau pencapaian yang dimiliki. Ini adalah hal yang cukup penting sebagai bentuk promosi diri. Dengan kelebihan atau pencapaian tersebut Anda nantinya juga bisa membuat HRD terkesan. Hanya saja, pastikan jika Anda menuliskan poin ini dengan baik, profesional dan seperlunya saja.

  • Mencantumkan lampiran yang diperlukan

Untuk mendukung detail surat lamaran kerja yang dibuat, Anda juga perlu mencantumkan lampiran yang diperlukan. Lampiran ini bisa dijadikan pelengkap dari data yang diperlukan namun tidak ada pada surat lamaran kerja.

Adapun beberapa lampiran yang diperlukan untuk melengkapi surat lamaran kerja adalah:

  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai
  • Surat pengalaman kerja
  • Surat keahlian atau sertifikat

Beberapa hal di atas merupakan tips yang perlu diketahui dan dipertimbangkan saat hendak membuat surat lamaran kerja yang tepat. Sebagai tambahan, untuk membuat surat lamaran kerja yang profesional, tambahan kalimat penutup yang baik dan jangan lupa mengucapkan terima kasih.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Referensi

Untuk mendapatkan referensi tambahan guna memudahkan penulisan surat lamaran kerja, berikut ada contoh yang bisa Anda simak. Anda bisa melihat bagaimana detail surat lamaran kerja tersebut ditulis berdasarkan struktur baku yang disarankan.

Yth.

HRD Manager PT Berkas Jaya Grup

Jl. Malang Melintang No. 9, Bandung

di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi pemasaran yang saya dapatkan di surat kabar Harian Pos edisi 10 Januari 2021, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Staf Marketing di PT Berkas Jaya Grup.

 

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                                   : Muhammad Abdul

Jenis kelamin                     : Laki-laki

Tempat/tanggal lahir     : Yogyakarta, 11 Mei 1992

Alamat                                 : Jl. Padang Bulan No. 2, Yogyakarta

Pendidikan                         : S1 Manajemen, Universitas Tinggi Yogyakarta

Telepon/HP                        :0812345678

 

Saya berpengalaman di posisi Staf Marketing selama 3 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim sesuai dengan keperluan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Curriculum Vitae
  2. Foto ukuran 3 x 4
  3. Fotokopi KTP
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Fotokopi Ijazah terakhir
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi surat pengalaman kerja
  8. Sertifikat

Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Muhammad Abdul

Demikian beberapa ulasan terkait struktur dan juga contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda jadikan referensi. Seiring dengan pentingnya surat ini, maka Anda perlu membuatnya secara hati-hati dan profesional. Semoga bermanfaat.

 

 

Loading...

Related Articles

No Article

@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id