Mobile Site

Cara Sterilisasi Botol Susu Dan Timing Kapan Anda Harus Melakukannya

review produk 67 View

Botol susu sudah jadi barang yang paling umum bagi para ibu. Namun, banyak ibu yang dibuat resah soal bagaimana cara membersihkan botol-botol ini dengan benar. Begitu juga dengan feeding set bayi lainnya. Bila tidak dilakukan dengan baik, jamur dan bakteri mudah sekali tumbuh di area ini. Berikut ini adalah sekumpulan tips cara sterilisasi botol susu yang baik dan benar untuk produk Dr. Brown’s.

Cara Membersihkan Dan Sterilisasi Botol Susu Dari Dr. Brown’s

Meskipun pada dasarnya cara membersihkan dan sterilisasi botol susu untuk merk Dr. Brown’s sama saja, tapi akan lebih baik bila Anda mengikuti prosedur yang disarankan agar kualitas botol tetap bagus dan tahan lama. Ada sejumlah set alat pembersih dan sterilisasi yang bisa Anda beli untuk menjaga kualitas botol.

Gunakan Deluxe Bottle Sterilizer

Produk ini merupakan sterilizer berbentuk uap yang bisa menampung enam botol susu sekaligus. Anda bisa memasukkan berbagai jenis koleksi botol dari Dr. Brown’s ke sini agar kualitas botol susu tetap baik. Apa saja keuntungan alat sterilisasi ini?

  • BPA-free
  • Mudah sekali dioperasikan
  • Bisa mati sendiri ketika proses sterilisasi sudah selesai
  • Baki bisa dipasang dan dilepas dan dirancang supaya setiap botol mendapatkan uap
  • Terdapat gantungan di dalamnya supaya nipple, dan bagian botol tidak lepas.
  • Ada cup takar dan penjepit
  • Desain yang elegan dengan warna abu-abu dan putih.

Pakai Microwave

Bila Anda tidak memiliki sterilizer khusus, Anda bisa menggunakan microwave sebagai alternatif untuk membersihkan botol tersebut. Sebelum memulai menggunakan microwave, pastikan sudah bersih dari sisa-sisa makanan karena ini bisa mengakibatkan botol susu jadi bau. Setelah itu lakukan langkah berikut:

  • Gunakan Microwave Steam Sterilizer Bags
  • Masukkan botol, nipples, dot dsb ke dalam bag tersebut
  • Isi bag dengan air
  • Masukkan ke dalam microwave dan kemudian panaskan sesuai durasi yang diinginkan.
  • Setelah selesai, keluarkan air dari jalurnya yang sudah disediakan kemudian Anda bisa mengeringkan dan menggunakannya.

Anda bisa menggunakan kantong sterilisasi ini sebanyak 20 kali, jadi lebih hemat. Bisa juga digunakan untuk bepergian, cara menggunakannya cukup dengan air panas kemudian memasukkan botol, pacifier, dan training cups ke dalam bag ini.

Menggunakan Air Mendidih

Apabila Anda tidak mempunyai kedua alat di atas, Anda bisa juga menggunakan air mendidih. Caranya pun sangat mudah dan murah, yaitu:

  • Siapkan panci besar kemudian isi dengan air sampai botol terisi penuh dengan air.
  • Masukkan botol-botol bayi, dot dsb ke dalam panci dengan posisi menjungkir ke bawah untuk mencegah terbentuknya gelembung.
  • Didihkan air sampai sekitar 5 menit (pastikan Anda mengecek label pada kemasan produk karena tiap produk berbeda. Ada yang tidak boleh terkena panas langsung).
  • Matikan api kemudian angkat botol dengan japitan
  • Letakkan di area yang bersih di atas kain kering, biarkan dingin dan kering dengan sendirinya.

Pakai Steamer Botol Bayi

Kalau Anda tidak memiliki sterilizer khusus botol bayi, opsi lain yang bisa dipilih yaitu electric steam. Alat steamer ini bisa mencapai suhu melebihi air mendidih sehingga bisa membunuh bakteri dan jamur lebih banyak. Meski demikian, jenis alat ini cenderung lebih mahal. Kalau Anda menyukai opsi ini, Anda bisa memakainya.

Seberapa Sering Anda Boleh Mensterilisasi Botol Bayi?

Proses sterilisasi mampu membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam botol karena proses ini menggunakan suhu yang sangat tinggi. Beberapa orang menggunakan bahan kimia untuk melakukan proses ini. Akan tetapi hal ini dinilai berbahaya apabila tidak dilakukan dengan benar.

Saat Anda melakukan sterilisasi, pastikan sudah mengecek label di kemasan produk, prosedur apa yang diperbolehkan supaya produk Anda tetap awet.

Menurut CDC proses sterilisasi ini boleh dihentikan saat usia bayi sudah melebihi 3 bulan karena pada usia ini, sistem imun dan pencernaannya sudah mulai berkembang lebih baik. Selain itu, segera ganti peralatan feeding set dengan yang baru apabila sudah berubah warna, pecah, retak atau sobek demi keamanan si kecil.

Kapan Anda Diwajibkan Melakukan Sterilisasi Botol Bayi?

Proses sterilisasi merupakan prosedur pembersihan yang dilakukan lebih detail untuk memberikan perlindungan ekstra pada pertumbuhan bakteri dan jamur. Nah, hal ini merupakan hal yang penting. Saat Anda pertama kali membeli produk, sterilisasi jadi hal yang paling penting. Disamping itu, ada beberapa kondisi lainnya yang mewajibkan Anda untuk melakukan sterilisasi botol:

Bila Anda Beli Botol Bekas Atau Pinjam

Beberapa ibu memutuskan untuk membeli botol bekas atau meminjam dari saudara karena jauh lebih hemat. Di masa pandemi seperti sekaran, sterilisasi jadi hal paling penting karena mencegah potensi penularan penyakit. Terlebih Kita tidak tahu siapa pengguna sebelumnya.

Bila Bayi Selesai Sakit

Memang, bayi Anda baru sembuh dari penyakit. Akan tetapi apakah botol susu yang digunakan tidak terkontaminasi? Tentu saja risiko. Karena itu, cegah penularan penyakit kembali ke tubuh si kecil dengan melakukan sterilisasi.

Bila Bayi Lahir Prematur Atau Punya Masalah Kesehatan

Menurut CDC (Center for Diseases Control and Prevention), proses sterilisasi jadi hal kewajiban apa bila bayi memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Bila Anda Tidak Punya Akses Air Bersih

Air bersih adalah hal mendasar yang wajib dipenuhi dalam rumah tangga. Anda setidaknya perlu melakukan hal ini sehari sekali untuk mengurangi pertumbuhan mikroba bila tidak punya akses air bersih.

Apakah Botol Susu Dr. Brown’s Aman Dibersihkan Dengan Dishwasher?

Ya! Anda bisa menggunakan dishwasher untuk membersihkan botol susu dari Dr. brown’s. Anda tinggal meletakkannya di rak paling atas. Supaya tetap bersih, letakkan botol susu ini secara  terpisah dan jangan lupa lakukan sterilisasi dengan Electric Sterilizer. Berikut langkahnya:

  • Pisahkan seluruh bagian botol.
  • Bila semua botol dan bagiannya dengan air bersih untuk menghilangkan noda susu.
  • Letakan semua bagian botol susu seperti nipple, valves dsb ke dalam basket khusus supaya tidak jatuh.
  • Kalau memungkinkan, gunakan air panas atau pilih “sanitizing setting”.
  • Jika sudah, pisahkan botol tadi dan letakkan di atas kain bersih agar kering oleh udara.

Kalau Anda lebih suka memilih membersihkan botol susu dan produk Dr. Brown’s secara manual, tersedia berbagai peralatan yang membantu Anda untuk membersihkannya dengan lebih bersih, misalnya Bottle Brushes, Small Cleaning Brushes, Deluxe Bottle Brush, Soft Touch Bottle Brush, dsb.

Rangkaian produk Dr. Brown’s ini didesain untuk kebutuhan bayi sesuai dengan usia tumbuh kembangnya. Bahkan ada juga yang didesain untuk bayi prematur. Anda tinggal memilih mana yang paling Anda butuhkan.

Agar produk botol susu Dr. Brown’s ini awet, hindarkanlah dari paparan panas tinggi langsung kecuali memang tersedia dalam labelnya seperti saat proses sterilisasi. Itupun ada beberapa kondisi kenapa Anda wajib melakukannya. Berikan yang terbaik untuk si Kecil dengan produk dari Dr.Brown’s.

t.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id