Mobile Site

Bolehkah Bumil Makan Durian?

Kesehatan 119 View

Siapa yang tak tahu durian? Ya, durian kerap disebut-sebut sebagai raja buah karena cita rasanya yang lezat & harganya yang mahal. Aroma durian sudah bisa tercium meski dari kejauhan. Tak ayal banyak orang berbondong-bondong membeli durian Ketika musimnya tiba. Tak heran jika banyak ibu hamil yang ngidam makan durian. Tapi, banyak orang mengatakan kalau bumil makan durian tidak diperbolehkan karena durian adalah pantangan bagi ibu hamil. Konon, durian dapat membuat perut ibu hamil merasa panas karena kandungan alkoholnya. Lalu, bagaimana faktanya yang benar? Berikut ulasan selengkapnya!

 

Kandungan Buah Durian

Perlu diketahui, durian punya kandungan zat yang bagus untuk tubuh. Salah satunya adalah zat antioksidan yang membuatnya dapat berfungsi sebagai anti jamur atau anti bakteri bagi siapapun yang memakannya. Begitu juga dengan ibu hamil. Selain itu, buah durian juga punya kandungan karbohidrat yang kita semua tahu manfaatnya sebagai sumber energi.

Tak hanya itu, zat sukrosa & fruktosa juga terkandung di dalamnya. Kedua kandungan ini berfungsi sebagai penambah energi. Yang pasti, buah durian kaya serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Bukan hanya orang biasa, buah durian juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ada yang mengatakan bahwa durian adalah pantangan bagi ibu hamil, dipastikan hal ini tidaklah benar.

Manfaat Buah Durian untuk Ibu Hamil

Bumil makan durian adalah hal yang bagus karena ada beberapa manfaat yang bisa didapat, seperti:

 1. Mengandung Serat yang Tinggi

Perubahan hormon pada tubuh saat hamil mengakibatkan beberapa masalah. Misalnya, ibu hamil merasa mulas namun mengalami sembelit atau susah buang air besar. Sembelit yang terjadi pada ibu hamil dapat diatasi dengan makan makanan yang mengandung serat tinggi dan durian adalah buah yang kaya akan serat. Tapi, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh makan buah durian berlebihan. Dengan makan durian secukupnya, fungsi pencernaan akan lancar Kembali. Kandungan serat pada buah durian bisa membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Karena di trisemester awal Wanita hamil suka mual dan kurang asupan makan, buah durian bisa menjadi solusi untuk merasa kenyang lebih lama.

 2. Mengandung Asam Folat

Asam folat termasuk zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil, terlebih pada trimester pertama. Biasanya, dokter akan memberikan suplemen tambahan guna memenuhi kebutuhan harian asam folat. Zat ini berfungsi menghindarkan bayi lahir dalam keadaan cacat sehingga ibu hamil tidak boleh melewatkannya. Perlu diketahui, kebutuhan asam folat bisa didapatkan oleh ibu hamil dari mengkonsumsi durian. Menurut para ahli Kesehatan, 100 gram durian mengandung 9% asam folat. Itulah kenapa durian bisa dijadikan cemilan yang lezat dan bagus untuk ibu hamil.

 3. Mengandung Vitamin B

Banyak orang yang sudah terlanjur punya pikiran buruk tentang durian karena kandungan alkoholnya sehingga tidak baik untuk ibu hamil. Tapi, durian juga mengandung zat yang sangat dibutuhkan ibu hamil, yaitu vitamin B. Semua orang tahu kalau vitamin B sangat dibutuhkan ibu hamil karena bagus untuk Kesehatan janin dan ibu hamil sendiri. Jadi, ibu hamil tak perlu takut untuk makan buah durian asal tidak berlebihan.

 4. Mengandung Antioksidan

Sebagai raja buah, buah durian kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan dalam durian punya manfaat yang sangat besar baik untuk ibu hamil maupun janin yang ada di perutnya. Kandungan antioksidan pada durian akan menjaga ibu hamil dan janin dari berbagai macam polutan & radikal bebas yang saat ini semakin banyak di mana-mana. Tanpa antioksidan, ibu hamil akan mudah terkena penyakit, begitu juga bayinya. Itulah kenapa bumil makan durian justru dianjurkan. Bahkan, makan durian juga bisa membuat proses kelahiran bayi lancar tanpa ada hambatan.

 5. Kaya akan Vitamin C

Asalkan tidak kebanyakan & sering, makan durian diperbolehkan bagi ibu hamil. Buah durian tak selamanya mengakibatkan masalah pada janin dalam kandungan. Bahkan, karena kaya akan vitamin D, durian justru direkomendasikan untuk ibu hamil. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C harian, tubuh ibu hamil bisa menyerap kalsium & zat besi dengan optimal. Perlu diketahui, zat besi bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan untuk menyalurkan nutrisi untuk ibu hamil & janin. Untuk kalsium, kita semua tahu kalau zat ini sangat bagus untuk memperkuat tulang ibu hamil & pembentukan tulang pada janin. Artinya, mengkonsumsi durian bagi ibu hamil tetap aman.

 6. Mengandung Triptofan

Menurut banyak ahli, buah durian kaya akan kandungan asam amino, yaitu triptofan. Asam amino bekerja untuk produksi hormon serotonin & melatonin. Fungsi dari hormone-hormon ini adalah untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Seperti yang kita semua tahu, ibu hamil kerap kali bermasalah dengan tidurnya, terlebih Ketika kandungan memasuki trimester akhir. Tidur di malam hari seperti hanya angan-angan saja. Ketika ibu hamil mengkonsumsi buah durian, triptofan yang terkandung di dalamnya bisa membantu bumil tidur lebih nyenyak. Dengan kualitas tidur yang lebih baik, Kesehatan janin & ibu hamil akan terjaga.

 7. Menaikkan Berat Badan Janin

Berat badan janin harus sesuai umur kandungan. Jika terlalu kecil, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein & glukosa. Durian punya kandungan protein & glukosa yang tinggi sehingga sangat bagus untuk ibu hamil.

 8. Mengurangi Depresi

Stress sering dirasakan ibu hamil. Stress pada ibu hamil bisa dipengaruhi banyak faktor seperti ketakutan tidak bisa menjadi ibu yang baik, factor ekonomi, dll. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa mengakibatkan baby blues. Untuk mengatasinya, diperlukan zat yang dapat mengurangi stress dan durian mengandung zat yang dibutuhkan ini.

 9. Tanpa Lemak Jenuh

Ibu hamil sering punya masalah tekanan darah, baik itu tekanan darah tinggi ataupun rendah. Umumnya, masalah tekanan darah diakibatkan oleh lemak jenuh. Untungnya, buah durian tidak mengandung lemak jenuh. Jadi, jika tekanan darah ibu hamil masih normal, Tak ada salahnya makan durian yang lezat ini.

Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Boleh Makan Durian

Walaupun durian mengandung zat-zat yang bagus untuk ibu hamil, beberapa factor bisa membuat ibu hamil tidak diperbolehkan makan durian. Salah satunya adalah jika ibu hamil punya Riwayat diabetes. Durian dikhawatirkan membuat kadar gula semakin naik. Selain itu, ibu hamil dengan berat badan berlebih juga sebaiknya tidak mengkonsumsi durian. Pasalnya, makan durian bisa membuat berat badan ibu hamil semakin naik dan nantinya akan mempersulit proses persalinan.

Satu lagi, ibu hamil yang memasuki trimester akhir juga sebaiknya menghindari makan durian karena ibu hamil tua harus pintar- pintar menjaga berat badan tidak berlebih sehingga persalinan lancar. Intinya, bumil makan durian diperbolehkan jika tak mengalami salah satu dari kondisi di atas.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id