Mobile Site

Penyebab dan Tips Menangani Kesemutan: Ayah Harus Tahu!

Kesehatan 43 View

Ayah senantiasa menjadi sosok yang paling penting dalam tumbuh kembang anak. Hal ini sangat beralasan karena peran aktif seorang ayah akan menentukan bagaimana si kecil bisa tumbuh, baik secara fisik maupun psikis. Oleh karenanya, seorang ayah dituntut memiliki kesehatan yang prima termasuk anti kebas kesemutan agar senantiasa bisa mendampingi tumbuh kembang anak.

Kesemutan, meskipun banyak dianggap sebagai hal yang sepele, namun sebenarnya merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup mengganggu karena sering terjadi. Ketika kesemutan terjadi, ada rasa yang tidak nyaman yang akan dirasakan, terutama di bagian tangan dan juga kaki.

Selain itu, perlu diketahui bahwa kesemutan yang cukup sering terjadi merupakan tanda saraf yang bermasalah. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya menjadi penyebab dari masalah ini.

Penyebab Munculnya Kesemutan

Ketika seorang ayah terlalu sering kesemutan, bisa jadi ia tidak bisa menggendong si kecil dengan leluasa. Hal semacam ini tentu, jika terlalu sering terjadi, maka akan berdampak pada kedekatan psikologis anak dengan ayah.

Berbincang tentang penyebab kesemutan, ada beberapa hal yang dianggap menjadi biang dari masalah ini. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kekurangan nutrisi

Bisa jadi, kesemutan yang sering terjadi disebabkan karena kurangnya nutrisi, seperti vitamin B1, B6 dan B12 serta asam folat. Oleh karenanya, mencukupi beberapa nutrisi tersebut sangat penting agar Anda bebas dari masalah kesemutan.

  • Neuropati perifer

Kesemutan yang terjadi terlalu sering dan berlangsung lama bisa jadi merupakan tanda adanya gejala penyakit neuropati perifer atau neuropati pada saraf tepi. Kondisi ini umumnya muncul dengan rasa kebas dan kesemutan yang terjadi di beberapa anggota tubuh seperti tangan, kaki ataupun jari tangan.

  • Diabetes

Jika Anda cukup sering mengalami kesemutan terutama pada bagian tangan dan kaki, maka bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh diabetes. Hal ini disebabkan diabetes mampu merusak jaringan saraf yang berdampak pada terjadinya kesemutan.

Beberapa hal di atas adalah sebab umum kenapa kesemutan sering terjadi. Tentu, dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, Anda tidak boleh lagi menganggap kesemutan sebagai hal yang sepele, terutama jika terlalu sering terjadi.

Tips Ngerti Untuk Anti Kebas dan Kesemutan

Sebagaimana disinggung di awal bahwa neuropati menjadi salah satu penyebab munculnya masalah kesemutan, terutama pada ayah yang memiliki aktivitas padat baik di luar dan di dalam rumah. Nah, untuk mencegah terjadinya kesemutan dan gangguan saraf lainnya, ada tips Ngerti yang bisa Anda lakukan.

Tips ini bertujuan untuk mencegah gejala neuropati dan membuat saraf senantiasa sehat. Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Melakukan peregangan otot

Salah satu tips penting mengatasi neuropati adalah dengan melakukan peregangan otot, terutama untuk Anda yang bekerja dalam posisi yang sama dan dalam waktu yang lama. Kondisi ini bisa menyebabkan penyumbatan serta hambatan pada aliran darah. Jika tidak ditangani dengan tepat bisa menyebabkan kesemutan dan saraf terjepit.

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Masalah kesemutan salah satunya disebabkan oleh konsumsi makanan bergizi yang sangat minim. Oleh karenanya, untuk mencegah neuropati, maka Anda perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi lengkap.

Dalam hal ini, beberapa nutrisi seperti protein, lemak, mineral dan vitamin harus didapatkan secara seimbang. Selain itu, hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh.

  • Memantau gula darah

Gula darah yang tinggi bisa menyebabkan diabetes dan berakibat pada munculnya kesemutan serta masalah neuropati. Oleh karenanya, pantau gula darah secara berkala terutama untuk Anda yang memang memiliki riwayat atau risiko diabetes yang tinggi.

Beberapa tips di atas bisa menjadi langkah awal untuk melakukan penanganan dan antisipasi pada masalah kesemutan serta neuropati. Tentu, dengan senantiasa melakukan beberapa tips tadi, maka Anda nantinya akan memiliki saraf sehat yang akan menunjang aktivitas. Anda pun bisa bermain dan mendampingi tumbuh kembang anak sebagai ayah dengan lebih maksimal.

Menjadi Sosok Ayah Pahlawan Untuk Si Kecil

Ayah memiliki peran yang sangat penting terkait tumbuh kembang anak. Oleh karenanya, kedekatan secara emosional antara ayah dan anak harus dibangun dengan sejak dini.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang sosok true hero atau pahlawan sesungguhnya yang bisa dilakukan oleh seorang ayah kepada anaknya.

Tips pertama, tentu menyempatkan waktu untuk mendampingi anak. Meskipun sibuk bekerja, ayah harus memiliki waktu khusus yang disediakan untuk anak. Dengan demikian, si kecil akan mendapatkan kesan jika ayah mereka selalu hadir.

Selain itu, untuk menjadi seorang true hero, ayah harus memberikan contoh yang baik. Anak adalah peniru yang ulung. Oleh karenanya, ayah harus menjaga sikap dan harus menempatkan diri sebagai idola. Dalam hal ini, tentu saja termasuk dalam urusan menjaga kesehatan tubuh setiap hari.

Untuk menjadi seorang true hero, ayah juga harus memberikan apresiasi pada setiap tahapan perkembangan anak. Seorang anak yang mendapatkan apresiasi nantinya akan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Selain itu, secara umum, ayah yang suka memberikan apresiasi akan memiliki hubungan emosional yang lebih baik dengan si kecil.

Nah, dengan beberapa langkah di atas, sebutan MyTrueHero akan Anda dapatkan dari si kecil. Untuk membantu Anda menjaga kesehatan sendi dan saraf, Anda bisa mengonsumsi neurobion secara teratur.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id