Mobile Site

Ingin Jadi Influencer? Pahami Apa Itu Influencer dan Tipsnya

Teknologi 91 View

Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna Internet dan menjamurnya konten di semua platform media sosial, istilah influencer semakin sering terdengar. Sebenarnya siapa atau apa itu influencer? Sederhananya, influencer adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain.

Influencer Adalah

Influencer adalah orang atau kepribadian dalam media sosial dengan pengikut yang besar atau substansial. Apa yang mereka katakan dapat mempengaruhi perilaku pengikut mereka. Sederhananya, influencer memiliki pengaruh untuk membuat pengikut mereka melakukan sesuatu.

Bisa dibilang seorang influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau karena hubungannya dengan audiens atau pengikut.

Biasanya, seorang influencer adalah seseorang yang bekerja sebagai blogger, Youtuber, selebriti atau publik figur, yang memiliki puluhan ribu hingga jutaan pengikut di jejaring sosial dan dianggap penting dalam komunitas tertentu.

Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan salah satu strategi pemasaran suatu perusahaan dengan mengajak seorang influencer untuk bekerja sama meningkatkan brand awareness serta penjualan yang relevan dengan target pasar yang dituju.

Sebagai pengguna media sosial yang aktif, Anda mungkin pernah melihat selebriti atau orang terkenal di komunitas mendapatkan rekomendasi produk yang terus bermunculan di timeline Anda. Influencer marketing termasuk dalam kategori native advertising atau konten berbayar yang menghadirkan tampilan, kualitas, dan performa menarik yang sama dengan konten organik yang dihasilkan oleh media periklanan lainnya.

Hasil kemitraan dapat bervariasi tergantung pada keahlian masing-masing influencer. Mereka juga dikenal sebagai key opinion leader meskipun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda sehingga tidak ada yang benar-benar sama ketika disajikan kepada pengguna internet.

Mengapa Influencer Marketing Penting dalam Proses Pemasaran?

Perkembangan teknologi internet telah membuat platform jejaring sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook populer ketika audiens memiliki kebebasan untuk memilih konten yang mereka inginkan. Hal inilah yang membuat brand sulit melakukan pemasaran karena audience tersebar di berbagai media, sehingga sulit dijangkau.

Selain itu, konsumen semakin curiga terhadap merek dan taktik pemasaran untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Inilah pentingnya seorang influencer sebagai solusi bagi pemasar untuk mempromosikan produknya. Seiring dengan pemasaran influencer, ini memungkinkan pemasar untuk menemukan dan beriklan langsung ke audiens target mereka.

Beriklan melalui influencer memungkinkan pemasar untuk beriklan melalui seseorang yang mereka kenal dan percayai. Dengan ini, masyarakat tidak akan curiga dengan iklan media sosial karena konsumen percaya bahwa influencer mereka menyukai produk tersebut.

Tips Menjadi Influencer

  • Pahami apa minat Anda

Untuk menjadi seorang influencer, temukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai dan ketahui tentangnya. Inilah yang dapat Anda bagikan dengan orang lain. Jika seseorang menciptakan sesuatu yang berbeda dari Anda dan mereka berhasil, itu tidak berarti Anda harus seperti mereka. Buat konten Anda sendiri. Cari tahu sebanyak mungkin sebelum memutuskan.

  • Manfaatkan akun yang telah ada

Anda tidak perlu membuat akun baru dan memulai dari awal. Karena mencari dan membangun pengikut tidaklah mudah. Cukup bersihkan akun media sosial Anda dengan menghapus konten dari posting lama yang tidak sesuai dengan konsep dan konten draft yang Anda siapkan.

  • Gunakan profil bisnis

Buka pengaturan Instagram dan ubah akun Anda menjadi “profil bisnis” secara gratis. Dengan akun bisnis ini, Anda dapat melihat semua data engagement yang Anda miliki atau pada setiap postingan yang Anda unggah. Anda dapat melihat data jika diperlukan, termasuk waktu yang disarankan untuk membuat posting foto baru.

Video Instagram tambahan sekarang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan. Jangan lupa untuk membuat blog atau website menggunakan nama akun Anda. Karena Anda tidak akan pernah tahu berapa lama jaringan media sosial akan bertahan. Sebuah blog atau website seperti rumah yang Anda miliki tanpa harus khawatir jika media sosial lainnya ditutup.

  • Bekerjasama dengan brand

Jika Anda memiliki lebih dari 1.000 pengikut media sosial, mulailah menjadi nano influencer. Anda bisa mencoba mencari brand atau perusahaan yang membutuhkan jasa Anda. Sesuaikan kebutuhan branding Anda dengan tema akun Anda. Teliti merek yang Anda cari dan cari tahu siapa yang menjadi bagian dari departemen pemasaran.

Perkenalkan diri Anda dan katakan Anda ingin membuat konten yang menampilkan produk mereka sebagai sponsor. Perlahan, dengan semakin banyak posting yang Anda unduh, merek lain akan muncul dengan sendirinya.

Setelah memahami apa itu influencer, mungkin Anda semakin tertarik masuk ke dunia influencer ini. untuk membantu Anda, Anda bisa mengunjungi https://ritaelfianis.id untuk mendapatkan berbagai informasi bukan hanya tentang influencer namun juga informasi bisnis online lainnya. jadilah influencer yang jujur dan bertanggung jawab agar bisa tetap dipercaya pengikut Anda dan merek yang diajak untuk bekerja sama.

 

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id