Home Info Kesehatan Waspada Alkohol Bisa Rusak Organ Hati Manusia

Waspada Alkohol Bisa Rusak Organ Hati Manusia

860
0

Waspada-Alkohol-Bisa-Rusak-Organ-Hati-Manusia

Kabarmaya.com – Jangan mencoba meminum jika tak ingin sakit hati, kalimat tersebut sepertinya cocok untuk mereka yang sering mengkonsumsi wine, champagne, koktail, bir, bahkan arak. Tahukan Anda, alkohol yang terkandung di dalamnya memaksa hati Anda untuk merasakan sakit?

Timbulnya sakit seperti liver bisa muncul karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan tidak terkontrol. Faktanya, kerusakan hati akibat alkohol merupakan penyebab dari sepertiga total kematian yang disebabkan oleh gangguan liver. Bahkan liver digadang-gadang menjadi penyakit mematikan kedua setelah penyakit jantung.

Bahkan, dalam dunia kedokteran, secara general gangguan hati dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan pengaruh alkohol ini. Tipe pertama adalah gangguan hati karena alkohol, dan yang kedua adalah gangguan hati non-alkohol.

Timbulnya spekulasi tersebut membuat pemerintah Inggris mengeluarkan beberapa aturan tentang konsumsi alkohol. Untuk pria, pemerintah Inggris menetapkan bahwa konsumsi bir dan alkohol dari sari apel tidak boleh melebihi satu setengah gelas sehari. Beberapa batasan lain adalah maksimal 250ml wine sehari, 3-4 gelas spirit berukuran 25ml, dan 3 botol alcopops ukuran 275 ml. Sedangkan wanita mempunyai toleransi lebih rendah pada alkohol. Karena itu, konsumsi bir sari apel tidak boleh melebihi satu gelas sehari. Batas maksimal wine adalah 175ml sehari, spirits cukup 2-3 gelasukuran 25ml, dan 2 botol alcopops ukuran 275ml saja.

Bagi masyarakat Inggris yang suka minuman beralkohol, tetap dipersilahkan. Asalkan konsumsi alkohol per harinya menurut aturan yang telah ditentukan dari dinas kesehatan pemerintahan Inggris.

Loading...