Home Info Kesehatan Apa Saja Imunisasi Wajib Bagi Bayi?

Apa Saja Imunisasi Wajib Bagi Bayi?

876
0

Apa-Saja-Imunisasi-Wajib-Bagi-Bayi

Kabarmaya.com – Bagi seorang bayi, menerima imunisasi adalah wajib hukumnya. Imunisasi itu sendiri berguna untuk membuat daya tahan tubuh lebih kuat saat terjadi serangan virus. Imunisasi juga berfungsi untuk membuat bayi membentuk antibodinya sendiri untuk melawan suatu penyakit yang masuk ke dalam tubuhnya.

Ada banyak imunisasi yang dilakukan pada bayi. Namun ada beberapa imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi sebelum berumur lima tahun.

–    Hepatitis B
Hepatitis B adalah penyakit yang menyerang organ hati yang disebabkan oleh virus. Biasanya penyakit ini akan semakin parah jika bagian hati yang terinfeksi sudah lebih dari 50 persen dan virus sudah menyebar. Hepatitis B kronis akan menyebabkan kanker atau yang lebih dikenal dengan istilah sirosis hati. Penyakit pembunuh nomor dua setelah menyakit jantung ini belum ditemukan obatnya, maka dari itu harus dilakukan pencegahan awal sedari dini. Pemberian imunisasi vaksin hepatitis B akan melindungi tubuh dari bahaya hepatitis selama lima tahun. Jika perlu saat dewasa vaksin ini dapat diulang kembali.

–    BCG
Vaksin BCG diberikan untuk mencegah timbulnya penyakit Tuberkulosis (TBC). Penyakit yang menyerang organ paru-paru ini sangat menular sehingga penderitanya harus dikarantina selama masa penyembuhan. Karena virus TBC dapat dengan mudah menular melalui udara bebas. Vaksin BCG dilakukan bada bayi usia 5 sampai 10 tahun, namun lebih baik vaksin ini dilakukan lebih awal untuk mengantisipasi penularan TBC terhadap bayi.

–    Polio
Penyakit poliomyelitis atau polio adalah penyakit menular yang menyerang bagian saraf dan otot. Dimana bagian otot menjadi kecil sehingga penderitanya akan mengalami kelumpuhan. Virus polio menular melalui percikan air ludah bagaimanapun caranya, jadi vaksin anti polio harus dilakukan kepada bayi sedini mungkin. Biasanya vaksin polio diberikan melalui obat tets yang bisa diteteskan pada mulut, namun bisa juga dengan cara injeksi melalui jarum suntik. Umunya vaksin polio dilakukan 5 kali sampai bayi berusia 5 tahun.

–    DPT
DPT adalah kepanjangan dari Difteri, Petusis, dan Tetanus. Meskipun cara penularannya sedikit berbeda namun ketika penyakit yang disebabkan oleh virus ini sama-sama berbahaya. Difteri sendiri adalah penyakit yang menyerang tenggorokan yang dapat membahayakan nayawa penderitanya hanya dalam beberapa hari saja. Difteri bisa membuat otot jantung tersumbat dan mengalami kematian. Sedangkan petusis adalah batuk 100 hari atau yang lebih dikenal dengan batuk rejan yang akan mengakibatkan radang pada pernapasan.

Untuk para ibu, kenalilah imunisasi mana saja yang wajib diberikan kepada bayi sedini mungkin. Hal ini akan mengurangi resiko terkena penyakit pada buah hati.

Loading...