Home Info Kesehatan 5 Tips Sehat Tingkatkan Produksi ASI

5 Tips Sehat Tingkatkan Produksi ASI

818
0

5-Tips-Sehat-Tingkatkan-Produksi-ASI

Kabarmaya.com – Bagi ibu pasca melahirkan, peran ASI pasti sangat dibutuhkan untuk memberi minum sekaligus makan kepada buah hati mereka. Selain untuk konsumsi bayi yang ususnya masih tergolong lemah, ASI juga berguna untuk meningkatkan daya imun bayi terhadap serangan penyakit yang datang menyerang.

Dalam ASI yang diproduksi oleh ibu terkandung zat anti bodi alami yang tidak akan didaptkan bayi jika mengkonsumsi susu formula. Namun terkadang produksi ASI ibu yang sedikit atau bahkan terhambat akan memaksa ibu untuk memberikan susu formula terlalu dini kepada si kecil.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips sehat yang berguna untukmeningkatkan produksi ASI ibu. Dengan produksi ASI yang cukup akan membuat bayi lebih sehat dari pada yang mengkonsumsi susu formula.

1. Mengkonsumsi Bawang Putih
Ibu hamil biasanya akan mudah mual jika mencium bau yang menyengat seperti bawang putih. Namun tahukan bahwa bawang putih dapat memperlancar air susu ibu uang berguna bagi tumbuh kembang bayi? Di dalam bawnag putih terkandung zat yang bisa membuat produksi ASI meningkat. Sebaiknya gunakan bawang putih lebih banyak dicampuran makanan, baik itu saraapan maupun makan siang.

2. Pola Makan
Pola makan sehat pada ibu menyusui juga harus diperhatikan. Karena bukan diperuntukkan untuk diri ibu saja melainkan juga untuk bayi yang sedang disusuinya. Selain bawang putih yang bisa meningkatkan produksi ASI, jangan lupa untuk mengkonsumsi protein seperti telur, susu, sayuran hijau, dan daging. Makanan-makanan tersebut selain untuk memperlancar ASI juga berguna untuk memberikan kandungan protein terbaik pada ASi.

3. Tingkatkan Frekuensi Menyusui
Jika seorang ibu berfikir bahwa menyusui menyebabkan air susu habis, itu adalah salah besar. Untuk ibu pasca melahirkan usahakan memberikan ASI sesering mungkin, misalnya tiap 3 jam setiap hari pada siang hari dan 4 jam sekali pada malam hari. Ini akan membuat peredaran ASI dalam payudara ibu menjadi lancar dan produksi ASi meningkat.

4. Begantian Kanan dan Kiri
Posisi nyaman pada bayi dan tangan biasanya akan membuat ibu tidak akan berpindah posisi dalam hal menyusui. Namun ingat, lakukanlah pemberian ASi dengan bergantian payudara antara kanan dan kiri. Ini akan membuat payudara kanan dan kiri menjadi balance.

5. Gaya hidup
Lifestyle ibu menyusui juga harus diperhatikan. Usahakan saat menyusui ibu dalam keadaan yang santai dan rileks. Karena jika terjadi stress pada ibu akan menganggu keluarnya ASI dari payudara.

Baca juga:

Hati-Hati 5 Makanan Ini Bisa Memperbesar Resiko Keguguran!

Daftar 5 Makanan Yang Buat Wanita Cepat Hamil

Asupan Gizi Sehat Bagi Ibu Hamil

Loading...