Home Informasi Travel Wisata Tradisional Desa Woloan, Gudangnya Rumah Minahasa

Wisata Tradisional Desa Woloan, Gudangnya Rumah Minahasa

1226
0

Wisata-Tradisional-Desa-Woloan-Gudangnya-Rumah-Minahasa-

Kabarmaya.com – Sulawesi merupakan salah satu pulau di Indonesia yang banyak memliki keindahan yang tersembunyi. Salah satunya adalah Desa Wolohan yag terletak di Kecamatan Tomohon Barat, Sulawesi Utara.

Saat mengunjungi Desa Wolohan, tamu akan disuguhi dengan bunyi-bunyian benda pemukul seperti palu dan semacamnya. Sering juga terdengar mesin penyerut kayu yang membentuk gelondongan kayu menjadi produk rumah Minahasa asli buatan penduduk setempat.

“Rumah-rumah ini dibuat untuk dijual, bukan untuk dihuni sendiri. Dari ujung ke ujung ini semua rumah dijual,” ungkap seorang pengrajin bernama Fari, Jumat (12/6), seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Desa Woloan sendiri merupakan salah satu desa di pelosok Sulawesi Utara yang digunakan sebagai tempat produksi rumah adat Minahasa. Kayu besi dipilih menjadi bahan utama pembuat rumah yang nantinya akan dijual itu. Bahan baku sendiri didapatkan dari kawasan Kabupaten Bolaan Mongondow.

Proses pembelian rumah Minahasa sendiri menggunakan sistem pemesanan. Dalam tahap pemesanan akan dibahas terlebih dahulu mengenai ukuran dan motif yang akan digunakan. Para pengrajin akan mengantarkan rumahn yang sudah jadi menggunakan truk kepada pembeli, dengan cara dibongkar dan dirakit kembali ketika sudah sampai pada tujuan.

Rumah tradisional Minahasa umumnya terdiri dari dua buah tangga di bagian kanan dan kiri rumah. Ada pula tiang utama (ari’i), pintu masuk, dan jendela (tetemboan). Pada bagian-bagian tersebut akan ditambahkan ukiran yang sebelumnya sudah disepakati oleh pengrajin dan pembeli.

Pondasi rumah Minahasa ini bisa dibilang unik. Desain yang menggunakan konstruksi melintang sebagai pondasi yang disebut dengan Sumpeleng. Ketika gempa melandapun rumah ini tetap akan bergeser tanpa rumuh, ini dikarenakan pondasi yang dibuat sangat kokoh. Desa Woloan acap kali disinggahi turis asing sebagai Desa Wisata yang menawarkan keindahan tradisional masyarakat Minahasa.

Baca juga:

Hutan Wisata Batu Putih, Ragam Hayati Menawan Dari Sulawesi Utara

Sawahlunto, Wisata Napak Tilas Tambang Batu Bara Kuno

 

Loading...