Mobile Site

5 Makanan Ini Sebaiknya Dicuci Setelah Dimasak

Fashion 47 View

5-Makanan-Ini-Sebaiknya-Dicuci-Setelah-Dimasak

Kabarmaya.co.idUntuk menjaga kebersihan suatu makanan biasanya memang banyak kalangan yang memilih untuk mencuci bahan makanan tersebut sebelum dimasak. Namun rupanya ada beberapa bahan makanan yang justru sebaiknya Anda cuci saat sudah memasaknya. Misalnya saja daging, mencuci daging dan beberapa jenis makanan tidak akan menghilangkan bakteri atau patogen yang menempel di permukaannya. Tak hanya itu, mencuci makanan-makanan tersebut juga bisa meningkatkan risiko kontaminasi silang. Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya Anda cuci saat sudah memasaknya.

  1. Daging unggas dan ikan

Mencuci daging ikan mentah di wastafel dapur akan meningkatkan risiko kontaminasi bakteri ke seluruh bagian dapur dari cipratan dan tetesan air. Jadi cara terbaik yang paling efektif untuk menghilangkan bakteri pada daging unggas dan ikan adalah dengan memasaknya.

  1. Daging merah

Hal yang sama juga berlaku pada daging merah. Ditambah lagi, dengan mencuci daging merah, Anda membuatnya menjadi lembap, sehingga saat dimasak air pada daging akan menjadi uap yang kemudian mampu merusak cita rasanya.

  1. Sayur dan buah yang sudah dicuci

Jika Anda berbelanja di supermarket, biasanya ada produk sayur dan buah yang sebelum dikemas sudah dicuci pihak supermarket atau produsen. Begitu pula dengan produk salad supermarket. Jadi Anda tak perlu buang-buang air, waktu dan tenaga untuk mencucinya lagi di rumah.

  1. Jamur

Seperti daging, cita rasa dan konsistensi jamur bisa berubah jika terkena kontak dengan air terlalu lama. Untuk itu, cukup lap jamur Anda sampai kering dengan lap bersih atau tisu dapur.

  1. Pasta

Pasta jarang sekali membuat pemakannya sakit. Tapi ada alasan lain untuk tidak membilas pasta dengan air keran setelah selesai direbus. Membilas pasta yang sudah matang akan menghilangkan pati yang menempel di permukaannya sehingga saat dicampur dengan sausnya, saus tersebut tidak akan menempel pada pasta.

Nah, beberapa daftar makanan tersebut sebaiknya memang Anda cuci saat sudah dimasak untuk menjaga cita rasa dan juga kualitas kebersihan makanan dan area memasak.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id