Home Info Kesehatan Kerja Tak Kenal Waktu Buat Kesehatan Tubuh Menurun

Kerja Tak Kenal Waktu Buat Kesehatan Tubuh Menurun

1051
0

Kerja-Tak-Kenal-Waktu-Buat-Kesehatan-Tubuh-Menurun

Kabarmaya.com – Memiliki jiwa pekerja keras bukanlah suatu hal yang salah, namun pekerja keras juga harus cerdas dalam membagi waktu antara bekerja dan istirahat. Jangan sampai karena asik bekerja, waktu istirahat terbengkalai dan daya tahan tubuh menurun.

Bekerja terlalu keras sampai lupa waktu akan menyebabkan kesehatan tubuh menurun. Ini berhubungan langsung dengan imun tubuh yang kian melemah saat tubuh melakukan aktivitas tanpa henti selama seharian atau bahkan berhari-hari.

Penasaran mengapa bekerja berlebihan bisa menurunkan kesehatan tubuh? Mari simak keterangannya berikut ini.

1. Kurang tidur – Bekerja hingga lembur larut malam akan menyita waktu istirahat Anda khususnya untuk tidur di malam hari. Ini akan menyebabkan tubuh kekurangan energi saat melakukan aktivitas keesokan harinya. Karena kurang tidur, badan akan terasa pegal dan tidak enak di pagi hari. Selain itu wajah juga tampak lebih kusam dan tidak bersemangat untuk bekerja.

2. Sistem kekebalan tubuh – Sistem kekebalan tubuh akan terganggu jika tubuh melakukan aktivitas yang melampaui batas tanpa istirahat. Biasanya terganggunya sistem kekebalan tubuh dapat berubah terserang demam, flu, bahkan infeksi lain di dalam tubuh. Jika setelah lembur badan Anda terasa dingin, itulah gejala awal bahwa sistem kekebalan tubuh mulai menurun.

3. Berat badan naik – Alih-alih menjadikan badan kurus, bekerja tanpa henti akan membuat badan tambah melebar. Ini akan menggalkan rencana diet Anda, karena dengan bekerja tanpa istirahat Anda akan kehilangan waktu untuk berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat lainnya.

4. Kesehatan Kulit – Begadang akan menyebabkan kulit terlihat jelek. Misalnya saja kantung mata yang mengendur dan tampak hitam setelah tubuh kekurangan waktu tidur. Selain itu akan timbul jerawat yang berakibat penampilan Anda terlihat lebih buru

5. Kesehatan mental – Tidak hanya maslaah fisik, kurang istirahat juga bisa menyebabkan kesehatan mental terganggu seperti timbulnya stres. Ini akan membuat Anda semakin kesulitan dalam bekerja bahkan bisa menimbulkan depresi.

Mulai sekarang biasakanlah untuk bekerja dengan tepat waktu, jadi tidak akan kegiatan lembur di malam hari untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain menganggu kesehatan, kurangnya istirahat juga bisa menyebabkan penampilan menjadi buruk.

Loading...