Home Info Kesehatan Tips Diet Sehat Dan Bermanfaat Untuk Remaja

Tips Diet Sehat Dan Bermanfaat Untuk Remaja

1586
0

Tips-Diet-Sehat-Dan-Bermanfaat-Untuk-Remaja

Kabarmaya.com – Kurangnya mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh seringkali membuat remaja sudah mengalami keluhan soal berat badan. Bahkan obesitas juga banyak ditemukan pada usia-usia belia seperti masa remaja. Nampaknya hal tersebut perlu dibenahi dengan menerapkan pola hidup sehat kepada pribadi remaja.

Masalah berat badan yang menimpa para remaja akan menyebabkan mereka memeiliki kelebihan berat badan yang akhirnya akan tidak sesuai dengan tinggi badan. Bukan hanya berdampak buruk pada fisik namun juga berpengaruh kuat pada kesehatan psikis.

Maka dari itu perlu dilakukan diet untuk remaja sebagai tindakan mencari solusi bagi masalah tersebut. Kurangnya pengetahuan pada remaja mengakibatkan mereka terkadang menjalani diet yang tidak sehat. Saat itulah peran keluarga sangat diperlukan untuk memberikan bimbingan diet sehat dan bermanfaat untuk diri remaja.

Peran orang tua membimbing anaknya yang masih remaja akan menjauhkan mereka dari pengaruh buruk, misalnya saja diet tidak sehat seperti bulimia, anoreksia, maupun binge eating. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh faktor emosional diri anak dalam membuat keputusan untuk berdiet.

Remaja tidak boleh melakukan diet seperti yang dilakukan oleh orang dewasa. Karena pada masa remaja bentuk tubuh masih sangat bisa dikendalikan dari pada masa orang dewasa yang kemungkinan sulit untuk menurunkan berat badan. Orang tua seharusnya mengajari remaja tentang menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan sehat sesuai yang dibutuhkan tubuh tiap harinya.

Sebetulnya mencapai berat badan yang normal pada remaja merupakan bentuk kecintaan terhadap tubuh, jadi yang perlu ditanamkan adalah cara-cara diet yang tidak berlebihan yang malah mengakibatkan tubuh tersakiti dan tidak baik untuk masa depan.

Gunakan cara edukasi terlebih dahulu kepada remaja akan pentingnya menjaga pola makan sehat untuk mendapatkan bentuk tubuh normal. Jadi remaja tidak akan pernah mengalami obesitas, karena sejatinya kesalahan pola makan remaja masih bergantung pada peranan orang tua dalam mengarahkan perihal makanan yang diberikan.

Tips diet sehat bagi remaja bukanlah menjalani diet ketat yang cenderung akan menyebabkan memiliki kekhawatiran berlebih terhadap makanan dan berat badan hingga akhirnya mengalami gangguan makan.

Baca juga:

Kerja Tak Kenal Waktu Buat Kesehatan Tubuh Menurun

Ternyata Telur dan Keju Kurangi Resiko Terkena Diabetes

Ini Dia Jenis Pepaya Yang Diijinkan Bagi Penderita Diabetes

Malas Berolahraga? Ini Trik Mudah Supaya Giat Berolahraga

Trik Makan Nasi Tanpa Bikin Gendut

Loading...