Mobile Site

Tuai Kontroversi, HMD Global Kembalikan Opsi Menyembunyikan ‘Notch’ Di Nokia 6.1 Plus

Teknologi 20 View

Tuai-Kontroversi,-HMD-Global-Kembalikan-Opsi-Menyembunyikan-‘Notch’-Di-Nokia-6.1-Plus

Nokia 6.1 Plus

Kabarmaya.co.idPengguna Nokia 6.1 Plus beberapa waktu yang lalu melaporkan jika opsi setting untuk menyembunyikan notch di perangkatnya mendadak hilang setelah melakukan update software yang dirilis pada Agustus 2018 lalu. Hal ini langsung menjadi kontroversi, karena tak semua pengguna smartphone menyukai tampilan notch ini.

Menanggapi kontroversi yang terjadi, pihak HMD Global akhirnya megembalikan opsi yang sempat hilang tersebut. Rencana ini disampaikan langsung oleh Juho Sarvikas selaku Chief Product Officer HMD Global.

“Untuk menutup ‘notch gate’, kami akan membuka setting menyembunyikan notch di Nokia 6.1,” kicau Sarvikas, dirangkum dari SlashGear, Rabu (12/9/2018).

Sebelumnya, seorang representatif HMD Global menanggapi sebuah pertanyaan terkait soal opsi notch yang menghilang tersebut. Ia menjelaskan jika hilangnya opsi tersebut karena permintaan dari Google. Ini berkaitan dengan status Nokia 6.1 Plus yang masuk dalam program Android One. Selain akan mendapat jaminan update software rutin, kendali sistem operasi Android Oreo versi polos milik ponsel akan berada di tangan Google.

Masalah ini pun akhirnya mulai melebar ke Google yang diduga hendak menetapkan standar untuk semua perangkat dengan OS Android ‘polos’ (stock), yaitu dengan mengeluarkan larangan rekanan pabrikan untuk memasang fitur yang sebelumnya tidak ada di dalam opsi OS, salah satu diantaranya yaitu opsi untuk menyembunyikan notch.

Pihak Google akhirnya juga ikut turun tangan mengkonfirmasi dengan mmberikan pernyataan untuk mnjernihkan persoalan tersebut. Dikutip dari sebuah pernyataan kepada XDA Developer, Google mengatakan jika tak mengharuskan para rekanan perangkat Android One untuk tak menyertakan opsi menyembunyikan notch.

Sementara itu, Nokia 6.1 Plus sendiri baru diluncurkan di pasar Indonesia mulai pekan lalu. perangkat ini dibekali dengan chip Snapdragon 636, RAM 4 GB, storage 64 GB, baterai 3.060 mAh. Selain itu, ponsel seharga Rp 3,4 juta ini juga memiliki kamera ganda 16 MP dan 5 MP serta kamera selfie 16 MP.

Loading...
Tags
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id