Home Informasi Travel Tradisi Penyimpanan Jenazah Masyarakat Toraja, Sulawesi Utara

Tradisi Penyimpanan Jenazah Masyarakat Toraja, Sulawesi Utara

2423
0
Tradisi-Penyimpanan-Jenazah-Masyarakat-Toraja-Sulawesi-Utara-
Mumi Nek Banaa, Desa Bululangkan, Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara.

 

Kabarmaya.com – Indonesia terkenal dengan ragam budaya yang beranega ragam. Berbeda daerah dan suku menentukan bagaimana masyarakat terdahulu menciptakan suatu adat istiadat. Seperti yang terlihat pada ritual adat kematian yang dilakukan oleh suku Toraja, Sulawesi Utara.

Ritual yang dimaksud bernama Rambu Solok. Rambu Solok masih kental di lakukan di Desa Kete Kesu yang berlokasi kurang lebih 5km dari Kota Rantepao. Cara merawat dan menyimpan jenazah di desa ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing.

Di kawasan Desa Kete Kesu terdapat kompleks kubur batu yang sekilas terlihat sangat menyeramkan. Awal cerita sebelum agama Islam dan Kristen mulai masuk desa, masyarakat Toraja sudah lebih dulu menggunakan tradisi ini.

Bernama kepercayaan Aluka, mereka mengenal penyimpanan jenazah yang kemudian dibagi menjadi dua, yaitu jenazah To Maluka dan jenazah To Mate.

To Maluka dipercaya sebagai jenazah yang dianggap arwahnya masih ada, biasanya jenazah hanya dianggap sebagai orang sakit saja. Sedangkan To Mate merupakan jenazah yang akan dilakukan upacara Rambu Solo.

Jenazah To Maluka akan dianggap sebagai orang sakit sampai keluarga bisa melakukan Rambu Solo. Setelah itu kemudian diteruskan menuju prosesi kubur batu.

Menurut kepercayaan Alukta, jenazah To Mate akan terlebih dulu disimpan di rumah duka selama 36 hari untuk keluarga bangsawan. Namun nyatanya banyak dari pihak keluarga yang menyimpannya lebih dari waktu yang telah ditentukan.

Ada pemandangan unik yang dapat ditemukan di area kubur batu. Wisatawan yang datang mengunjungi area kubur batu akan menjumpai banyak botol minuman, pakaian, benda berharga, hingga rokok yang dipergunakan sebagai sajian sang jenazah.

Baca juga:

Wisata Tradisional Desa Woloan, Gudangnya Rumah Minahasa

Hutan Wisata Batu Putih, Ragam Hayati Menawan Dari Sulawesi Utara

Sawahlunto, Wisata Napak Tilas Tambang Batu Bara Kuno

Loading...