Home Uncategorized Kegiatan Ini Bisa Bikin Puasa Batal Loh!

Kegiatan Ini Bisa Bikin Puasa Batal Loh!

1117
0

Kegiatan-Ini-Bisa-Bikin-Puasa-Batal-Loh-

Kabarmaya.com – Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh kemuliaan bagi seluruh umat Islam di muka Bumi ini. Para muslim berbondong-bondong melakukan amalan dan berpuasa sebulan lamanya. Merupakan suatu hal yang merugi jika saja puasa terganggu dengan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Eits tapi jangan salah mengartikan beberapa hal yang dapat menyebabkan puasa batal ya?! Misalnya saja berbohong. Berbohong tidaklah membatalkan puasa orang muslim, melainkan akan mengurangi pahala yang didapatkan dari menahan lapar, haus, dan nafsu selama seharian.

Ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, misalnya makan dan minum, melakukan hubungan intim, muntah dengan sengaja serta masih banyak lagi.

Makan dan minum dengan sengaja jelas membatalkan puasa. Puasa sendiri memiliki arti singkat untuk menahan lapar dan haus. Jadi jika saja memasukkan sesuatu ke dalam salah satu lubang pada anggota tubuh, hal tersebut dapat membuat puasa menjadi batal.

Seperti yang ditulis dalam surat Al-Baqarah “Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (Q.S. Al Baqarah ayat 187).

Namun jika hal tersebut dilakukan dengan tidak sengaja (lupa), hal demikian tidak membatalkan puasa. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda, “Apabila seseorang makan dan minum dalam keadaan lupa, hendaklah dia tetap menyempurnakan puasanya karena Allah telah memberi dia makan dan minum.”

Hubungan intim juga dilarang saat menjalani ibadah puasa. Meski lelaki dan wanita sudah sah menjadi suami istri, namun keadaan diri yang sadar dan sengaja membuat puasa menjadi batal. Hirarki hubungan intim itu sendiri adalah masuknya khasafah (kemaluan lelaki) ke dalam farji (kemaluan wanita).

Melakukan hubungan intim saat puasa selain membatalkan puasa juga wajib mengqodho serta menunaikan kafaroh. Namun hal ini berlaku jika memenuhi dua syarat: (1) yang melakukan adalah orang yang dikenai kewajiban untuk berpuasa, dan (2) bukan termasuk orang yang mendapat keringanan untuk tidak berpuasa. Jika seseorang termasuk orang yang mendapat keringanan untuk tidak berpuasa seperti orang yang sakit dan sebenarnya ia berat untuk berpuasa namun tetap nekad berpuasa, lalu ia menyetubuhi istrinya di siang hari, maka ia hanya punya kewajiban qodho dan tidak ada kafaroh.

Begitu juga dengan muntah dengan disengaja. Misalnya saja memasukkan tangan ke dalam tenggorokan sehingga keluarnya isi di dalam perut (muntah). Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang dipaksa muntah sedangkan dia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qodho baginya. Namun apabila dia muntah (dengan sengaja), maka wajib baginya membayar qodho.”(Hadits Hasan Gfarib, riwayat al-Tirmidzi: 653 dan Ibn Majah: 1666)

Jadi ingat, jangan melakukan hal tersebut di atas saat menjalankan ibadah puasa. Semoga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat, selamat menunaikan ibadah puasa…

Loading...