Home Info Kesehatan Waspada! Komentari Berat Badan Bikin Kepercayadirian Anak Merosot

Waspada! Komentari Berat Badan Bikin Kepercayadirian Anak Merosot

923
0

Tips-Diet-Sehat-Dan-Bermanfaat-Untuk-Remaja

Kabarmaya.com – Tumbuh kembang anak sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari orang tua. Tak jarang banyak orang tua yang sering mengomentari tampilan fisik anaknya untuk mengarahkan ke dalam hal yang lebih baik. Contohnya saja mengomentari berat badan anak supaya anak tak lantas memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Orang tua yang mengomentari berat badan anak biasanya akan mengulangi hal tersebut beberapa kali. Nasehat yang berupa kritikan tersebut ternyata tak semuanya bisa diterima oleh anak, khusunya pada anak usia remaja.

Akibat negatif ini dikemukakan oleh Tara Adisty de Thouars yang merupakan seorang psikolog bahwa anak-anak khususnya masa remaja adalah masa pencarian dan pembentukan jati diri. Jadi komentar yang berupa kriting ataupun pujian bisa membuat remaja dengan mudah terpengaruh olehnya.

“Komentar mengenai tubuh, penampilan, dan berat badan bisa mengganggu citra diri remaja,” ujar Tara.

Anak yang cenderung dikritik berulang-ulang kali cenderung akan melakukan hal tersebut secara diam-diam. Misalanya jika orang tua mengomentari berat badan anak terus menerus, bukan tak mungkin si anak malah akan makan dengan diam-diam tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Ini dikarenakan jiwa remaja adalah jiwa yang sensitive sehingga rasa percaya dirinya dengan mudahnya bisa merosot drastis. Selanjutnya ini akan berdampak pada masa pertumbuhan anak yang akan mengalami gangguan.

Tara menyarankan agar orang tua lebih baik memberikan kebiasaan pola hidup sehat kepada sang anak dari pada harus mengkritisi terus-menerus perihal berat badan. Kembali lagi bahwa orang tua tidak wajib menuntut kesempurnaan fisik karena semuanya semata-mata hanya pemberian.

Baca juga:

Cara Memutihkan Wajah Alami Dengan Masker Wortel

Tips Turunkan Berat Badan Dengan Diet Mayo

Diet Sehat Dan Alami Dengan Infuse Water

Tips Diet Sehat Dan Bermanfaat Untuk Remaja

Ternyata Telur dan Keju Kurangi Resiko Terkena Diabetes

Loading...