Mobile Site

Qualcomm Keluarkan Snapdragon Wear 3100, Smartwatch Bakal Tahan Hingga Seminggu

Teknologi 21 View

Qualcomm-Keluarkan-Snapdragon-Wear-3100,-Smartwatch-Bakal-Tahan-Hingga-Seminggu

Kabarmaya.co.idKabar yang menyebutkan jika Qualcomm bakal mengeluarkan chipset baru untuk smartwatch ternyata bukan hanya rumor belaka. Qualcomm diketahui baru saja merilis Snapdragon Wear 3100, penerus dari lini system-on-chip (SoC) Snapdragon Wear 2100 yang dikeluarkan dua taun yang lalu.

Wear 3100 ini membawa pembaharuan di bagian ketahanan daya. Dengan pembaharuan ini sebuah smartwatch dikatakan mampu bertahan hingga 4 sampai 12 kali lebih lama dibanding dengan smartwatch yang menggunakan Wear 2100.

Tak hanya lama tahan baterai, faktor lain seperti jenis layar kapasitas baterai hingga konfigurasi perangkat juga tak kalah mumpuni. Misalnya saja, jam pintar ini memadukan kapasitas baterai 450 mAh dan Snapdragon Wear 3100 yang disebut bisa bertahan hingga 15 jam dengan GPS dan peantau detak jantung yang selalu aktif. Hal ini dipengaruhi oleh dukungan Personalized Sports Experiences yang dibawa Wear OS.

Jika pengguna menggunakan mode dasar smartwatch atau mode Traditional Watch, jam tangan pintar ini bahkan diperkirakan akan bertahan hingga satu minggu. Penggunaan mode Enhanced Ambient pada smartwatch dijanjkan akan bisa lebih halus dalam pengoperasian serta juga bisa meningkatkan kemampuan kecerahan. Pengoperasian ultra low-power juga akan lebih optimal jika menggunakan Snapdragon Wear 3100 yang didampingi co-processor Qualcomm QCC1110. Perpaduan ini juga akan meningkatkan kualitas layar serta pengalaman sensor perangkat.

Untuk mengkustom beban kerja perangkat, misalnya mendeteksi kata kunci, prosesor ini juga terintegrasi dengan teknologi “deep learning engine”. Dikutip dari Kompastekno, Kamis (13/9/2018), Snapdragon Wear 3100 yang memiliki 1,2 GHz quad-core ternyata masih menggunakan ARM Cortex-A7, yang juga terpasang pada Snapdragon Wear 2100. Chip ini juga bisa terkoneksi dengan jaringan LTE. Jika jam pintar mendukung koneksi 4G, maka chip ini bakal membantunya meningkatkan kecepatan unduhan hingga mencapai 1 Gbps dan 150 Mbps untuk data unggah.

Sementara itu, menurut informasi yang beredar, produksi dan pengapalan Snapdragon 3.100 akan dimulai pekan ini. Beberapa merk ternama seperti Fossil Group, Louis Vuitton, dan Montblanc kabarnya akan menjadi pelanggan pertama yang menggunakan chip ini.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id