Mobile Site

Pesona Tanjung Bongo, Miniatur Raja Ampat Di Halmahera Utara

Wisata 6 View

Pesona-Tanjung-Bongo,-Miniatur-Raja-Ampat-Di-Halmahera-Utara

Tanjung Bongo (sumber gambar: instaview.xyz)

Kabarmaya.co.id – Wilayah Indonesia Timur memang dikenal sebagai daerah yang menyimpan pesona keindahan alamnya, seperti Banda Neira, Kepulauan Kei, Morotai, hingga Raja Ampat yang tak perlu diragukan keindahan alamnya dan telah mendunia. Namun wisata Indonesia Timur tak hanya sebatas Raja Ampat hingga Banda Neira. Di Pulau Halmahera, Maluku Utara, terdapat wisata alam yang tak kalah dengan wisata Indonesia Timur lainnya, yakni Tanjung Bongo.

Masyarakat sekitar dan wisatawan yang pernah datang ke tempat ini sering menyebut Tanjung Bongo sebagai miniatur Raja Ampat. Seperti di Raja Ampat, Tanjung Bongo memiliki gugusan pulau-pulau karang yang sangat menawan. meski ukurannya sangat kecil dibanding gugusan pulau karang di Raja Ampat. Meski demikian, keindahan Tanjung Bongo tak kalah dengan Raja Ampat. Air laut yang berwarna hijau jernih membuat terumbu karang dan aneka fauna laut terlihat jelas tanpa harus berenang.

Tanjung Bongo terletak di Kecamatan Galela, Halmahera Utara. Untuk mencapai lokasi ini, perlu waktu 5-6 jam dari Kota Ternate dengan menggunakan jalur laut dan darat. Dari Kota Ternate, harus menyeberang terlebih dahulu ke Pelabuhan Sofifi yang berada di Pulau Halmahera. Untuk menyeberang, para pengunjung dapat menggunakan speedboat selama 30 menit dengan biaya sekitar Rp 50 ribu per orang. Setelah mencapai Sofifi, perjalanan dilanjutkan menggunakan jalur darat dengan kendaraan roda empat selama 4-5 jam. Para pengunjung dapat menyewa mobil masyarakat setempat seharga Rp 350 ribu hingga Rp 500 ribu.

Setibahanya di Kecamatan Galela, para pengunjung masih harus menyeberang ke lokasi Tanjung Bongo dengan menggunakan perahu nelayan selama 5 menit dengan biaya Rp 20 ribu per orang (pulang-pergi) Wisata Tanjung Bongo tak pernah sepi dari pengunjung, terlebih saat akhir pekan dan hari libur. Berbagai spot disediakan untuk pengunjung yang ingin mengabadikan keindahan Tanjung Bongo. Selain itu, pengunjung dapat naik ke atas salah satu pulau karang untuk melihat secara keseluruhan keindahan Tanjung Bongo. Terdapat juga beberapa spot diving dan snorkeling untuk melihat langsung surga bawah laut Tanjung Bongo.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id