Mobile Site

Dikenal Sebagai Zamrud Khatulistiwa, Inilah Pesona Wisata Hijau Di Indonesia

Wisata 24 View

Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta

Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta (sumber gambar: Bro Bali)

Kabarmaya.co.id – Belajar geografi di sekolah, pasti sudah tidak asing mendengar julukan Zamrud Khatulistiwa. Ya itulah julukan untuk Negara Indonesia. Zamrud adalah permata indah berwarna hijau, sedangkan Khatulistiwa ialah garis khayal yang membentang mengelilingi bumi dan membagi bumi menjadi dua belahan. Biasanya, Negara yang di lalui oleh garis khatulistiwa memiliki iklim tropis.

Jika dilihat dengan menggunakan satelit luar angkasa, gugusan kepulauan di Indonesia nampak berwarna hijau bak permata. Hal inilah yang membuat Indonesia berjuluk Zamrud Khatulistiwa. Berikut adalah pesona wisata hijau yang ada di Indonesia di beberapa daerah:

  1. Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta
Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta

Bukit Panguk Kediwung, Yogyakarta (sumber gambar: Bro Bali)

Ketika sedang berada di kota pelajar Yogyakarta, rasanya kurang seru jika tidak mengunjungi wisata menarik seperti Bukit Panguk Kediwung, di Kecamatan Dlingo, Bantul ini. Letaknya yang berada di ketinggian, mau tak mau membuat pengunjung harus berlelah dahulu untuk mencapai puncak. Tapi tenang, bersiaplah untuk bahagia karena rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan alam serba hijau yang menakjubkan. Belum lagi hamparan awan putih, menambah kecantikan bukit.

  1. Bukit Teletubbies, Bali
Bukit-Teletubbies,-Bali

Bukit Teletubbies, Bali (sumber gambar: balikami.com)

Pasti sudah tak asing dengan film anak yang berjudul ‘Teletubbies.’ bukan? Judul film ini menjadi inspirasi nama untuk bukit cantik yang berada Nusa Penida, Bali. Awal mula nama Bukit Teletubbies muncul dikarenakan para pelancong yang umumnya anak muda, melihat jika bukit mirip seperti bukit tempat Tinky Winky dan kawannya tinggal. Akhirnya masyarakat sekitar ikut untuk menyebut bukit ini dengan sebutan Bukit Teletubbies.

  1. Taman Wisata Pusuk Sembalun, Nusa Tenggara Barat
Taman-Wisata-Pusuk-Sembalun,-Nusa-Tenggara-Barat

Taman Wisata Pusuk Sembalun, Nusa Tenggara Barat (sumber gambar: backpackerjakarta.com)

Berkunjung ke Gunung Rinjani, kurang lengkap jika tidak mampir ke Taman Wisata Pusuk Sembalun. Lokasinya yang berada di lereng gunung, banyak spot menarik yang ditawarkan oleh taman wisata ini seperti Lodge Maribaya, Kalibiru, Padangbon, dan sebagainya. Sejauh mata memandang, hijaunya pepohonan bak permata bewarna hijau yang berkilau diantara tipisnya awan.

  1. Rammang-Rammang, Sulawesi Selatan
Rammang-Rammang,-Sulawesi-Selatan

Rammang Rammang, Sulawesi Selatan (sumber gambar: )

Rammang-rammang adalah pegunungan karst terbesar di Indonesia. Permukaan pegunungan ini didominasi oleh batu gamping atau kapur. Terletak di wilayah Maros, keindahan Rammang-rammang semakin memikat perhatian karena tempat ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menyegarkan pandangan mata. Sekeliling Rammang-rammang terdapat Sungai Puthe, dimana jika hendak berkunjung kesini sungai inilah yang akan dilalui dengan menggunakan perahu kayu.Selain deretan wisata hijau tersebut tentunya masih banyak gugusan bukit nan hijau yang menjadi daya tarik tersendiri dari setiap daerah. Bahkan wisata hijau di Indonesia terbilang cukup banyak dan tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id