Home Info Kesehatan Pentingnya Fase Merangkak Pada Masa Pertumbuhan Bayi

Pentingnya Fase Merangkak Pada Masa Pertumbuhan Bayi

917
0

Pentingnya-Fase-Merangkak-Pada-Masa-Pertumbuhan-Bayi

Kabarmaya.com – Merangkak dan berbicara adalah fase yang paling ditunggu-tunggu oleh orang tua terhadap bayinya. Fase ini merupakan dorongan dalam diri bayi untuk menjadi mandiri tanpa bantuan dari orang tua.

Hal tersebut diungkapkan oleh Lektor Ilmu Saraf di Chicago Medical School, Lise Eliot, PhD, jika fase merangkak adalah awal kehidupan bayi dimana ia mulai berinteraksi dan berusaha mengenal lingkungan sekitarnya

“Anak-anak memiliki keinginan alami untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas lingkungan mereka, dan cara bayi Anda bergerak mengubah persepsi dan pengetahuannya secara konstan,” kata Lise.

Usia Golden Age menjadi usia yang tepat bagi bayi untuk belajar merangkak. Biasanya hal tersebut terjadi pada usia 6 dan 8 bulan. Disitu bayi mulai merasa menginginkan sesuatu dan akan berusaha untuk meraih dan mendapatkannya.

Fase itulah yang menjadikan merangkak menjadi fase penting di dalam kehidupan bayi. Aktivitas tersebut akan membantu memperbaiki keterampilan kognitif dan membantunya mengembangkan pemikiran baru, seperti daya ingat dan persepsi.

Direktur Infant Studies Laboratory Universitas Bakeley California, Joseph Campos, PhD, telah melakukan suatu penelitian bahwa bergerak memberikan peran penting pada masa Golden Age anak. Mereka bisa mulai belajar tentang keseimbangan dan menghindari bahaya yang ada di sekitar.

“Bergerak membantu anak-anak belajar untuk fokus pada tujuan saat mereka bergerak ke arah tujuan itu.” Papar Joseph.

Fase merangkak perlu diperhatikan orang tua terhadap bayinya. Karena pada fase tersebut anak sudah mulai bisa dididik untuk bisa menjadi mandiri tanpa bantuan orang tua, misalnya saja berusaha untuk menggapai barang yang ia ingin ketahui. Pada fase merangkak juga pikiran bayi akan terus berkembang seiring rasa keingintahuannya.

Loading...