Mobile Site

Tak Perlu Cemas! Begini Pertolongan Pertama Saat Tersiram Minyak Panas

Kesehatan 16 View

Tak-Perlu-Cemas!-Begini-Pertolongan-Pertama-Saat-Tersiram-Minyak-Panas

Kabarmaya.co.idKecelakaan bisa terjadi kapan saja. Termasuk di rumah. Dapur adalah area rumah yang paling sering terjadi kecelakaan. Salah satu kecelakaan yang paling sering terjadi adalah luka tersiram air atau minyak panas. Perlu penanganan yang tepat dalam memberikan pertlongan pertama saat tersiram minyak panas. Mengoleskan bahan-bahan yang tidak direkomendasikan bisa membuat luka menjadi semakin parah. Berikut pertolongan pertama pada orang yang tersiram minyak panas:

  1. Redakan nyeri dengan air mengalir

Redakan rasa nyeri panas pada kulit yang terkena minyak panas menggunakan air mengalir dari kran. Air dengan suhu ruang dapat membantu menetralisir kulit akibat luka bakar. Lakukan hal ini minimal 10 hingga 20 menit, hingga rasa nyeri akibat luka itu berkurang. Untuk menghilangkan noda minyak, daripada menggunakan sabun antiseptik, gunakan sabun yang mengandung moisturizer lalu kembali bilas dengan air mengalir. Hindari menggosok kulit dengan kencang. Jangan pernah mengoleskan pasta gigi dan kecap di atas luka yang terbakar.

  1. Lindungi dengan kain kasa

Setelah kering, tutup bagian luka dengan kain kasa kering, supaya terhindar dari bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan luka membusuk.

  1. Periksa ke tim medis

Segera cari pertolongan medis terutama saat kulit melepuh. Jangan dipecah atau dikelupas agar terhindar dari infeksi.

  1. Jaga kebersihan kulit

Meskipun salah satu anggota tubuh mengalami luka bakar, namun Anda tetap harus menjaganya agar bersih. Tetaplah mandi 2 kali sehari agar kulit terjaga kebersihannya. Jika dokter tak melarang, biarkan luka terbilas oleh air yang mengalir dan gunakan sabun pelembap kulit terpercaya.

Biasanya jika mengalami hal tersebut banyak kalangan yang langsung merasa panik. Namun sebaiknya Anda tetap tenang dan memperhatikan kebersihan serta tata cara tersebut agar tidak terjadi hal yang lebih parah.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id