Home Informasi Travel Indonesia Jadi Negara Termurah Perihal Biaya Haji?

Indonesia Jadi Negara Termurah Perihal Biaya Haji?

822
0

Indonesia-Jadi-Negara-Termurah-Perihal-Biaya-Haji

Kabarmaya.com – Menunaikan ibadah haji merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam bagi yang mampu. Tak heran jika di Indonesia sendiri kuota jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci setiap tahunnya selalu saja kurang. Padahal bisa dibilang, Indonesia merupakan Negara dengan jamaah haji terbanyak.

Menunaikan ibadah haji bisa dibilang tak gampang, untuk keberangkatan tahun ini saja jamaah harus mendaftar beberapa tahun yang lalu. Selain identik dengan kata menunggu, ibadah haji juga identik dengan kata mahal. Lantas benarkah biaya ibadah haji di Indonesia sangat mahal?

Pataonan Daulay, ketua komisi VII DPR mengemukakan bahwa Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) milik Indonesia sudah merupakan biaya yang paling murah dibandingkan dengan Negara lain. Jika dibandingkan dengan Singapura, Malaysia, dan Brunei, Indonesia tak lebih mahal.

“Jadi tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa ongkos haji Indonesia lebih mahal dari negara-negara tetangga,” katanya.

Data yang diperoleh Komisi VIII DPR menyebutkan dua tahun terakhir biaya haji di Malaysia adalah 9.980 ringgit. Itu setara dengan Rp36.526.800, dengan kurs 3.660/ringgit. Sementara, BPIH Indonesia sebesar USD 2.717 atau setara dengan  Rp33.962.000.

Dilihat dari nominalnya Indonesia terpaut beberapa juta lebih murah dibandingkan dnegan Malaysia. Hal ini menampik bahwa negeri Melayu tersebut mempunyai biaya haji yang lebih murah dari pada Indonesia.

Tahun lalu, biaya haji paling murah di Singapura adalah 6.990 Dollar dan tertinggi 13.650 Dollar. Itu artinya sama dengan antara Rp67 juta sampai Rp131 juta. Sementara itu, Kementerian Agama Brunei Darussalam baru-baru ini telah menetapkan besaran biaya haji antara 8000 – 15.000 Dolar Brunei.

Ia menjelaskan bahwa penetapan biaya haji oleh Negara tetangga didasarkan pada jamaah haji yang jumlahnya lebih sedikit dari pada Indonesia. Dari segi kerumitannya pun jelas berbeda, Indonesia lebih rumit sistem pelaksanaannya dibandingkan Singapura dan Brunei.

Loading...