Home Info Kesehatan Ini Macam-Macam Nutrisi Anak Yang Perlu Diketahui Oleh Ibu!

Ini Macam-Macam Nutrisi Anak Yang Perlu Diketahui Oleh Ibu!

1196
0

Ini-Macam-Macam-Nutrisi-Anak-Yang-Perlu-Diketahui-Oleh-Ibu

Kabarmaya.com – Menjadi seorang ibu pasti tidak lepas dari tugas sebagai pengawas terhadap buah hatinya, mulai dari perlengkapan yang dibutuhkan sehari-hari sampai menghitung jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh anak.

Sebenarnya kesehatan anak masih tergantung pada orang tua khususnya ibu, apalagi untuk anak-anak yang belum bisa memilih sendiri makanan yang bergizi untuk tubuhnya. Maka dari itu ibu haruslah tau nutrisi apa saja yang diperlukan untuk buah hatinya.

Protein – jenis nutrisi ini diperluksn tubuh untuk membentuk sel-sel baru dan sehat di dalam tubuh anak yang masih dalam masa berkembang. Selain itu protein juga bermanfaat untuk melawan infeksi, menghasilkan energi, dan mengangkut oksigen. Protein bisa didapatkan pada dua sumber yakni hewani dan nabati yang daging tanpa lemak, susu, ikan, telur, kacang-kacangan, buncis, dan kedelai.

Karbohidrat – Karbohidrat diketahui sebagai sumber energi yang paling besar yang bisa didapatkan oleh tubuh. Anak-anak bisa mendapatkan karbohidrat sebagai sumber energi dari beras merah, sereal, gandum, roti, kentang, dan pasta.

Lemak – Lemak juga banyak dibutuhkan di masa pertumbuhan anak. Namun hanya lemak sehat saja yang boleh dikonsumsi anak-anak usia dini sehingga tidak mengalami obesitas yang dapat menimbulkan penyakit. Contoh minyak sehat misalnya produk olahan susu, minyak nabati, dan daging.

Kalsium – Kalsium diperlukan anak dalam masa pertumbuhan khususnya untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga banyak dibutuhkan untuk perkembangan saraf, otot, dan juga fungsi jantung. Makanan kaya kalsium diantaranya adalah susu, yogurt, keju, es krim, kuning telur, brokoli, sayuran hijau atau tahu.

Zat Besi – Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membentuk hemoglobin, pigmen pembawa oksigen dalam darah, dan mioglobin, pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot. Banyak makanan yang mengandung zat besi, antara daging merah, hati, unggas, bayam, oats, dan polong-polongan.

Serat – Selain baik untuk pencernaan, serat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker saat anak beranjak dewasa. Makanan yang mengandung banyak serat meliputi sereal, gandum, buah-buahan dan sayuran.

Folat – Folat merupakan jenis vitamin B yang sangat penting untuk perkembangan tubuh yang sehat dan fungsi sel anak. Folat dapat didapatkan pada makanan seperti sereal, gandum, sayuran berwarna hijau.

Baca juga:

Waspada! Komentari Berat Badan Bikin Kepercayadirian Anak Merosot

Cara Memutihkan Wajah Alami Dengan Masker Wortel

Tips Turunkan Berat Badan Dengan Diet Mayo

Diet Sehat Dan Alami Dengan Infuse Water

Tips Diet Sehat Dan Bermanfaat Untuk Remaja

Loading...