Home Info Kesehatan Kenali Penyakit Kronis Hepatitis C Yang Bisa Menyerang Siapa Saja

Kenali Penyakit Kronis Hepatitis C Yang Bisa Menyerang Siapa Saja

951
0

Kenali-Penyakit-Kronis-Hepatitis-C-Yang-Bisa-Menyerang-Siapa-Saja

Kabarmaya.com – Hepatitis telah menjadi penyakit pembunuh setelah HIV/AIDS yang belum ditemukan obat penyembuhnya. Hepatitis sendiri dibagi menjadi 3 dimana Hepatitis C menjadi penyakit yang menganggu kesehatan dalam jangka panjang.

Hepatitis C sedikitnya telah merenggut 60.000 nyawa setiap tahun. Ini membuat penyakit yang menyerang bagian organ hati ini diberikan tanda warning oleh bagian kesehatan dunia. Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit hepatitis C perlu diketahui dan dikenal tentang penyebab terjadinya dan cara penanggulangannya terlebih dahulu.

Hepatitis C merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus hepatitis C yang menyebabkan peradangan pada organ hati. Penularannya sendiri bisa melalui kontak dengan darah dari orang yang terinfeksi. Sekitar 75%-85% dari orang yang terinfeksi virus Hepatitis C mengembangkan infeksi kronis jarum suntik. Misalnya dalam berbagi jarum tato, jarum suntik, atau peralatan lainnya untuk menyuntikkan narkoba.

Selain itu hepatitis C juga bisa ditularkan melalui gen seperti ibu yang menderita hepatitis C berkemungkinan melahirkan anak yang menderita hepatitis  pula. Adapula hal lainnya seperti berbagi barang-barang pribadi dengan orang lain, seperti pisau cukur dan sikat gigi serta melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi virus Hepatitis C.

Hepatitis  C jarang sekali diketahui lebih dini, karena penyakit ini tidak akan menimbulkan sakit yang signifikan pada tubuh seseorang. Namun perlahan tapi pasti, hepatitis C akan menggerogoti organ hati sampai terjadi fase kronis.

Hepatitis C yang sudah menahun akan menyebabkan hati menjadi rusak. Dalam banyak kasus, tidak ada gejala penyakit yang terlihat pada penderita sampai hati mereka rusak. Hepatitis C biasanya terdeteksi saat seseorang melakukan pemeriksaan darah rutin untuk mengukur fungsi hati dan enzim hati.

Hepatitis C kronis selanjutnya akan menjadikkan hati rusak, gagal hati, kanker hati, atau bahkan kematian. Ini adalah penyebab utama dari sirosis dan kanker hati. Maka dari itu lakukan general check up setiap 3 bulan sekali untuk memastikan bahwa kondisi tubuh selalu sehat.

Loading...