Home Info Kesehatan Wanita Wajib Ketahui Informasi Tentang Kanker Serviks Lebih Awal!

Wanita Wajib Ketahui Informasi Tentang Kanker Serviks Lebih Awal!

4286
0

Tips-Menjaga-Kesehatan-Daerah-Kewanitaan

Kabarmaya.com – Seakan menjadi momok dalam riwayat kesehatan kaum hawa, kanker serviks memang seharusnya diwaspadai sejak dini. Kanker Serviks datang akibat infeksi dari virus HPV yang bisa ditularkan hanya melalui kontak fisik.

Rawannya wanita terkena kanker jenis ini membuat dunia kesehatan memberikan informas-informasi terkait penyakit berbahaya tersebut. Seharusnya memang kaum hawa haruus mendeteksi penyakit ini lebih awal agar penanganannya tidak terlambat.

Namun wanita biasanya mempercayai beberapa mitos yang membuatnya enggan melakukan pemeriksaan dini. Ini menjadi salah satu hambatan dalam dunia medis untuk menekan terjadinya kanker serviks pada wanita.

Misalnya saja kepesimisan penderita kanker serviks, mereka menganggap bahwa kanker jenis ini tidak dapat disembuhkan. Jadi kebanyakan dari mereka hanya pasrah tanpa ada usaha untuk mengobati penyakit tersebut.

Virus HPV sejatinya masih bisa diobati asalkan masih pada batas kanker belum menyebar ke bagian tubuh yang lain. Sedangkan vaksin HPV sudah ditemukan sehingga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

Jika ada yang beranggapan bahwa kanker serviks hanya menjangkit wanita paruh baya, itu salah besar. Kanker ini bahkan bisa menjangkit remaja usia 20 tahunan tergantung dari cara penularannya. Vaksin HPV tidak hanya dilakukan oleh wanita yang sudah berhubungan seks, tapi juga untuk wanita yang masih dalam usia produktif walaupun belum pernah melakukan hubungan seksual.

Terlebih lagi untuk wanita yang sudah lanjut usia, jangan lantas malas untuk melakukan tes pap smear. Pap smear adalah tes awal yang dilakukan pada wanita yang menginjak usia 21 tahun atau 3 tahun setelah melakukan hubungan seks. Karena kanker serviks datang tanpa pandang bulu apalagi masalah umur.

Banyak informasi yang salah dan kemudian menjadi mitos yang menyebabkan terlambatnya penanganan kanker serviks. Jadi untuk para wanita wajib hukumnya untuk mengetahui informasi tentang kanker serviks yang benar sehingga kanker mematikan tersebut dapat dicegah dan diobati sebelum terlambat.

Baca juga:

Tips Menjaga Kesehatan Daerah Kewanitaan

Daftar 5 Makanan Yang Buat Wanita Cepat Hamil

Loading...