Home Info Kesehatan Waspada Jika Anda Sering Lelah Dan Sakit!

Waspada Jika Anda Sering Lelah Dan Sakit!

1050
0

Ini-Penyakit-Yang-Sering-Menyerang-Pekerja-Kantoran

Kabarmaya.com – Apakah Anda sering merasa bahwa tubuh sering lelah dan jatuh sakit? Biasanya hal tersebut didahului dengan badan terasa dingin kemudian terserang flu bahkan demam. Perlu diwaspadai penyebab terjadinya sakit, alasannya pun sangat beragam. Selain cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini ternyata juga ada faktor lain yang menyebabkan tubuh mudah jatuh sakit.

Faktor-faktor yang meyebabkan tubuh jatuh sakit bisa berasal dari luar maupun dalam diri seseorang. Nah untuk jelasnya mari simak penyebab-penyebab yang mengakibatkan tubuh mudah lelah dan terserang penyakit.

Stres dan banyak pikiran
Kehidupan manusia yang terus melakukan aktivitas setiap harinya pasti tidak bisa terhindar dari yang namanya masalah. Dari hal itulah kemudian akan memaksa otak untuk berfikir bahkan sampai menimbulkan stres. Banyak pikiran yang menyebabkan stres berlebihan akan berpengaruh terhadap imun dan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda sedang mempunyai suatu penyakit, stres bisa mengakibatkan proses penyembuhan terjadi begitu lama.

Makanan yang dikonsumsi
Kembali tentang pola hidup sehat pasti bergantung pada makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari. Apa yang dimakan itu pula lah yang akan dicerna dan diserap oleh tubuh. Jika makanan yang dikonsumsi salah dan tidak memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka tubuh akan mudah lelah dan terserang berbagai penyakit. Perhatikan nilai gizi yang dikonsumsi setiap hari, usahakan untuk mengurangi konsumsi gula, lemak, dan garam.

Dehidrasi
Air putih memegang peranan penting di dalam tubuh, kurangnya asupan air putih dapat menyebabkan tubuh terkena dehidrasi yang merupakan awal terjadinya berbagai macam penyakit. Meminum air putih rutin setiap hari 8 gelas akan membantu untuk menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang. Fungsi air di dalam tubuh juga untuk menyalurkan gizi yang sudah dikonsumsi oleh tubh sebelumnya menuju sel-sel tubuh. Jangan sampai kekurangan cairan di dalam tubuh menyebabkan dehidrasi yang biasanya ditandai dengan sakit kepala, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang sangat cepat.

Gangguan tidur
Orang yang sering begadang di malam hari akan rentan sakit dari pada orang yang menjaga pola tidur dan istirahat yang cukup. Karena pada saat tidur tubuh akan mengeluarkan cytokines yang berfungsi untuk menyalurkan protein yang dapat melawan inflamasi dan penyakit. Protein pula lah yang akan membantu mengurangi tingkat stres yang dialami otak dan tubuh.

Jadi perlu diwaspadai jika Anda sering merasa lelah dan gampang sekali jatuh sakit. Ubahlah pola hidup sehat dengan memperhatikan aspek-aspek di atas sehingga imun tubuh tidak akan bermasalah dengan gangguan virus yang banyak tersebar di lingkungan sekitar.

Loading...