Home Info Kesehatan Perhatikan Jika Bayi Anda Tak Kunjung Merangkak!

Perhatikan Jika Bayi Anda Tak Kunjung Merangkak!

1075
0

Pentingnya-Fase-Merangkak-Pada-Masa-Pertumbuhan-Bayi

Kabarmaya.com – Merangkak merupakan fase yang ditunggu-tunggu oleh para orang tua khususnya ibu. Memperhatikan tumbuh kembang anak adalah bagian terpenting dalam kegiatan parenting, apalagi dalam hal pengetahuan kapan seharusnya balita mulai merangkak.

Tidak semua bayi mempunyai kemampuan yang sama, terkadang ada bayi yang kemampuan merangkaknya datang lebih cepat dari pada kemampuan berbicara, ataupun sebaliknya. Lantas bagaimana jika bayi tidak kunjung merangkak? Apakah bisa disebut kelainan atau gangguan?

Lisa H. Albers Prock, MD, seorang dokter anak dari Children’s Hospital di Boston, memaparkan bahwa nyatanya banyak orang tua yang merasakan kekecewaan saat bayinya terlambat untuk merangkak. Namun ia berusaha meyakinkan para orang tua bahwa keterlambatan merangkak bukanlah suatu masalah yang serius.

“Keterampilan motorik sering tidak dipakai dalam memprediksi perkembangan utama kognitif bayi,” jelas Lisa.

“Saya lebih suka mendengar anak-anak mengoceh. Jika mereka tidak melakukannya, saya agak sedikit mengkhawatirkan perkembangan keterampilan motorik mereka.” tambahnya.

Kemampuan kognitif bayi yang berbeda-beda menjadi penyebab utama keterlambatan fase merangkak. Bisa jadi keterlambatan merangkak justru menimbulkan kemampuan-kemampuan lain yang lebih dulu datang dari pada fase merangkak.

Bahkan jika bayi terlambat merangkak akibat kelainan tulang belakang, sudah disediakan suatu cara untuk mengatasinya yaitu telah diciptakan alat seperti kereta yang bisa membantu bayi merangkak dalam kondisi kelainan tulang belakang.

Baca juga:

5 Trik Mudah Ketahui Jenis Kelamin Bayi Dalam Kandungan

Pentingnya Fase Merangkak Pada Masa Pertumbuhan Bayi

Waspada Bayi Membiru Saat Menangis, Kemungkinan Kelainan Jantung

Apa Saja Imunisasi Wajib Bagi Bayi?

5 Tips Sehat Tingkatkan Produksi ASI

Loading...