Home Info Kesehatan Cara Mencegah Datangnya Kanker Serviks Lebih Dini

Cara Mencegah Datangnya Kanker Serviks Lebih Dini

1277
0

Tips-Menjaga-Kesehatan-Daerah-Kewanitaan

Kabarmaya.com – Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan pembunuh nomor satu bagi kaum hawa di seluruh dunia. Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit mematikan tersebut perlu adanya deteksi kanker serviks lebih dini agar kanker tidak diketahui setelah menyebar ke bagian tubuh lain.

Hal ini penting dilakukan untuk menyelamatkan nyawa perempuan dari ganasnya kanker serviks. Pra-kanker serviks masih bisa disembuhkan dengan catatan diketahui lebih awal tentang tanda-tanda datangnya kanker tersebut.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSU Nasional Dr.Cipto Mangunkusumo, Andi Darma Putra, mengatakan dengan deteksi dini pra-kanker serviks bisa sembuh secara total. Deteksi kanker serviks bisa dilakukan melalui papsmear atau Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

Dr. Laila Nuranna, SpOG (K) menambahkan bahwa kebanyakan perempuan baru memeriksakan dirinya saat sudah terkena kanker dan sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Salah satu gejala yang muncul biasanya berupa pendarahan pada vagina.

Sebagian besar perempuan masih enggan untuk melakukan pemeriksaan serviks ke dokter spesialis. Karena menurut mereka pemeriksaan tersebut tidak membuat mereka nyaman karena harus memeriksa bagian intim tubuh mereka. Apalagi jika ada indikasi, pasien akan merasa lebih takut jika mereka nyatanya terkena kanker mematikan tersebut.

Untuk saran bagi semua perempuan sebaiknya pemeriksaan serviks dilakukan rutin setiap lima tahun sekali. Pemberian vaksin dapat digunakan untuk mencegah timbulnya kanker serviks sedini mungkin.

“Vaksin juga termasuk pencegahan primer,” cetus Dr. Laila.

Vaksin bisa dilakukan dalam setahun sebanyak tiga kali. Setelah itu pemberian vaksin dapat diberhentikan dan tidak perlu melakukan penambahan vaksin kembali. Hanya saja perlu dilakukan pengecekan rutin supaya virus penyebab kanker tidak tumbuh di dalam organ intim perempuan.

Human Papilloma Virus (HPV) adalah virus yang menyebabkan terjadinya kanker serviks. Ini bisa saja menjangkit semua perempuan di dunia tanpa terkecuali jika tidak memperhatikan kesehatan organ intimnya. Perjalanan virus HPV sendiri dikategorikan lambat, yaitu memakan waktu enam hingga tujuh belas tahun.

“HPV hidup di permukaan kulit, bisa kulit kelamin atau kulit tangan,” kata Dr.Andi.

Kemungkinan 85 persen virus bisa tersapu air, namun jika kekebalan tuubh sedang menurun virus dengan mudah akan masuk lebih dalam ke vagina khususnya pada mulut rahim. Maka dari itu yang paling aman adalah memeriksakan keadaan setiap perempuan sebelum terjadinya kanker serviks lanjut.

Baca juga:

Pria Bisa Terkena Kanker Payudara? Kenali Gejalanya..

Wanita Wajib Ketahui Informasi Tentang Kanker Serviks Lebih Awal!

5 Makanan Penting Pencegah Terjadinya Kanker Payudara

Makanan Tidak Sehat Pemicu Kanker Anda Makan Setiap Hari!

Kenali Penyakit Kronis Hepatitis C Yang Bisa Menyerang Siapa Saja

Loading...