Home Info Kesehatan 5 Cara Atasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

5 Cara Atasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

1539
0

5-Cara-Atasi-Sakit-Akibat-Gigi-Berlubang

Kabarmaya.com – Sakit di daerah mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang tidak selalu bisa disembuhkan dengan obat-obatan yang berbau kimia. Selain mahal biasanya obat kimia yang diberikan dokter menimbulkan efek samping di dalam tubuh, misalnya saja menyebabkan kantuk.

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan saat sakit gigi menyerang selain menggunakan obat dokter. Ingin mengetahui bahan alami apa saja yang dipakai? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Es batu – Gunakan es batu untuk menghilangkan nyeri akibat gigi berlubang. Caranya mudah saja, ambil bongkahan kecil es batu kemudian letakkan diantara jari telunjuk dan ibu jari. Lakukan pemijatan di bagian tersebut, maka lama-lama nyeri akan segera hilang secara perlahan. Pemijatan ini bertujuan untuk menyentuh sel-sel syaraf yang berhubungan dengan gigi.

2.    Bawang putih dan bawang merah – Bagi yang suka bawang putih, bumbu dapur ini bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Caranya potong satu bawang putih dan taburkan sedikit garam. Kunyahlah tepat pada gigi berlubang yang menimbulkan nyeri. Tak hanay bawang putih, bawang merahpun bisa digunakan. Lakukan hal yang sama seperti mengunyah bawang putih. Di dalam umbi lapis ini terdapat enzim yang dapat membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut.

3.    Jeruk Nipis – Buah super masa ini akan membantu meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Caranya dengan mendapatkan sari jeruk nipis kemudian tetskan pada bagian gigi berlubang. lakukan hal tersebut setiap 10 menit sekali sampai air perasan jeruk nipis habis.

4.    Garam – Rasa asin pada garam yang mengandum yodium tinggi dapat meringankan rasa nyeri gigi. Larutkan garam dalam dalam segelas air mineral hangat. Kemudian aduk hingga tercampur. Jika sudah menjadi larutan air dan garam gunakanlah untuk berkumur sampai gigi terasa nyaman.

5.    Belimbing Wuluh – Selain jeruk nipis yang masam, ada pula belimbing wuluh yang tak kalah masamnya. Cuci belimbing wuluh sebelum digunakan, dan kunyah menggunakan gigi yang menimbulkan sakit.

Demikian beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit akibat gigi berlubang. Selalu sikatlah gigi sesudah makan untuk menghindari gigi rusak dan berlubang.

Loading...