Home Info Kesehatan Tips Mengatasi Keputihan di Daerah Kewanitaan

Tips Mengatasi Keputihan di Daerah Kewanitaan

1177
0

Tips-Mengatasi-Keputihan-di-Daerah-Kewanitaan

Kabarmaya.com – Keputihan menjadi masalah yang signifikan bagi seorang wanita. Keputihan sendiri menjadi hal yang wajar di alami setiap wanita asalkan tidak mengeluarkan bau tidak sedap dan berubah warna.

Keputihan adalah dimana organ kewanitaan mengeluarkan lendir yang mestinya berwarna putih. Biasanya keputihan terjadi sebelum atau sesudah menstruasi. Jika dalam masa keputihan organ kewanitaan terasa gatal, lendir berwarna tidak bening, apalagi sampai menimbulkan bau, waspadailah mungkin keputihan bermasalah.

Keputihan yang tidak sehat diawali dengan perilaku hidup yang tidak sehat pula. Organ kewanitaan selanjutnya akan mengalami Fluor Albus, yaitu keputihan akibat infeksi. Tanda-tandanya rasa gatal di dalam organ kewanitaan disertai dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu.

Adapun penyebab keputihan antara lain jamur, bakteri, virus dan parasit. Sebelum terjadi keputihan yang berbahaya bagi wanita, sebaiknya lakukan pencegahan terjadinya penyakit tersebut terlebih dahulu.

1. Gunakan pembalut yang tepat
Pemilihan pembalut saat menstruasi sangat penting untuk diperhatiakan. Jangan sampai salah dalam memilih pembalut karena bisa menyebabkan keputihan. Sebaiknya pilih pembalut yang menggunakan bantalan yang baik dan mengandung kandungan herbal. Yang terpenting jangan menggunakan pembalut terlalu lama, usahakan gantilah pembalut setiap empat jam sekali saat beraktivitas.

2. Hindari kelembaban yang berlebihan
Penyebab utama terjadinya jamur atau infeksi lain pada organ kewanitaan adalah kelembaban yang tidak sesuai. Keputihan biasanya akan terjadi jika area kewanitaan mengalkami kelembaban terlalu lama. Kelembaban yang diijinkan untuk itu berkisar pada pH 3,5. Untuk menghindarinya, seringlah membersihkan area kewanitaan supaya bakteri dan jamur tidak bersarang yang akan menyebabkan keputihan. Dan usahakan untuk membersihaknnya dari arah depan ke belakang yaitu dari arah vulva ke anus.

3. Mengkonsumsi bawang putih
Bawang putih terkenal dengan sejuta manfaat yan gdiberikannya. Selain sedap untuk bumbu masak, bawang putih juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus yang akan membuat bakteri, jamur, dan virus tidak akan bisa berkembang di area kewanitaan.

4. Pola hidup sehat dengan olahrga
Lakukan olahraga agar imun tubuh meningkat dan kebal terhadap serangan bakteri dan virus khususnya di organ kewanitaan. Melakukan olahraga secara teratur juga bisa menghindari stres yang berkepanjangan yang bisa menyebabkan keputihan. Jangan lupa mengkonsumsi makanan sehat seperti susu ataupun olahan susu lainnya, karena di dalm susu terdapat kandungan bakteri baik yang menjaga keseimbangan bakteri candida.

Baca juga:

Pria Bisa Terkena Kanker Payudara? Kenali Gejalanya..

Tips Menjaga Kesehatan Daerah Kewanitaan

Wanita Wajib Ketahui Informasi Tentang Kanker Serviks Lebih Awal!

5 Makanan Penting Pencegah Terjadinya Kanker Payudara

Makanan Tidak Sehat Pemicu Kanker Anda Makan Setiap Hari!

Loading...