Home Info Kesehatan Obati Diabetes Dengan Cara Herbal Menggunakan Biji Rambutan

Obati Diabetes Dengan Cara Herbal Menggunakan Biji Rambutan

1280
0

Obati-Diabetes-Dengan-Cara-Herbal-Menggunakan-Biji-Rambutan

Kabarmaya.com – Diabetes menjadi penyakit yang ditakuti baik pria maupun wanita. Diabetes sendiri muncul akibat perilaku pola hidup yang tidak sehat. Diabetes bisa saja memicu munculnya komplikasi lain di dalam tubuh misalnya hipertensi dan jantung.

Patut berbangga hati, kini Indonesia telah menemukan cara herbal mengobati diabetes tanpa resep dokter. Pergi ke dokter atau rumah sakit biasanya akan identik dengan biaya yang mahal dan alat-alat yang membuat ngeri dilihat.

Dua mahasiswi Universitas Ubudiyah DI Aceh, Feni Juita Sari dan Marleni menemukan obat herbal berupa biji rambutan untuk mengatasi masalah diabetes. Di usia mereka yang masih belia yakni 18 tahun, mereka mampu menemukan inovasi minuman berbahan dasar biji rambutan yang sangat bermanfaat. Mereka mengatakan bahwa ini merupakan tradisi dari jaman Gayo Lues.

“Kita menganggap biji rambutan sebagai sesuatu yang tidak bernilai dan langsung membuangnya. Namun dengan studi yang berdasarkan praktik kesehatan rakyat Gayo Lues, kami menemukan bahwa biji rambutan menganding banyak manfaat pencegahan diabetes”, tutur Feni.

Feni juga sedikit menjelaskan bagaimana cara membuat minuman herbal dari biji rambutan. Pertama-tama potong biji rambutan kecil-kecil kemudian keringkan di bawah sinar matahari selama dua sampai tiga hari lamanya. Tanda sudah kering, biji akan berwarna kuning kehitaman.

Setelah itu biji ditumbuk hingga menjadi bubuk. Bubuk itulah yang kemudian bisa diseduh dan diminum sebagai obat herbal. Disarankan untuk megkonsumsi dua sampai tiga kali sehari setiap sebelum makan.  Namun juga perlu diperhatikan masaah kadar gula dalam darah masing-masing orang.

Di dalam biji rambutan terkandung  karbohidrat, lemak, dan protein yang mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuh manusia. Biji rambutan juga mempunyai 30-40 persen lemak murni, serat, pati, dan stearic acid yang mampu mengurangi kadar gula dalam darah.

Inovasi yang diciptakan Feni dan rekannya ini ternyata mampu menarik perhatian internasional,  bahkan ada wacana akan ada riset lebih lanjut dan menjadikan inovasi ini bisa dikomersilkan.

Baca juga:

Diabetes? Cegah Dengan 5 Buah Manis Ini!

Ternyata Telur dan Keju Kurangi Resiko Terkena Diabetes

Ini Dia Jenis Pepaya Yang Diijinkan Bagi Penderita Diabetes

5 Manfaat Semut Jepang, Obat Untuk Banyak Penyakit

Loading...