Home Info Kesehatan 5 Cara Alami Obati Biduran

5 Cara Alami Obati Biduran

1799
0

5-Cara-Alami-Obati-Biduran

Kabarmaya.com – Urtikaria atau yang lebih familiar disebut dengan biduran adalah suatu penyakit yang menyerang kulit sehingga kulit timbul bercak merah dan terasa gatal. Biasanya orang yang menderita biduran akan merasa nyeri dan sedikit demam.

Jika yang terjadi biduran tingkat ringan, bisa saja tidak perlu dilakukan pengobatan. Namun jika biduran sudah berada pada tingkat berat, perlu diobati sesegera mungkin. Biduran sendiri terjadi akibat suatu kondisi yang menyebabkan alergi pada tubuh.

Misalnya saja jika tidak cocok terhadap makanan yang dikonsumsi seperti udang, telur, dan kerang, biduran akan muncul seketika ketika tubuh mengalami penolakan terhadap alergen tersebut. Untuk mengatasi biduran secara alami, ada cara-cara yang perlu Anda simak dengan teliti.

1. Buah Asam dan Temulawak
Gunakan buah asam dan temulawak untuk mengobati biduran. Caranya dengan menyiapkan asam, 15 gram temulawak, dan gula aren. Cuci dan jadikan satu kemudian direbus ke dalam dua gelas air hingga mendidih menajdi satu gelas saja. Jika sudah dingin, saring dan minum untuk mengatasi biduran yang sedang dialami.

2. Kunyit dan Sambiloto
Ada juga ramuan tradisional berupa campuran kunyit dan sambiloto. Caranya dengan menyiapkan 10 gram sambiloto, 20 gram kunyit, 30 gram daun kelor, 1 sendok makan adas, dan 3 butir bawang merah. Haluskan dengan cara ditumbuk hingga halus dan bercampur rata. Kemudian rebus ke dalam 600 cc air hingga mendidih menjadi sepertiganya. Setelah dingin kemudian saring dan minum ramuan ini 3 kali sehari.

3. Minyak Kayu Putih dan Zaitun
Cara lainnya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih dan minyak zaitun. Campurkan minyak kayu putih, minyak zaitun, dan menthol Kristal masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Campur bahan-bahan tersebut menjadi satu hingga merata. Setelah tercampur baru gosokkan ramuan tersebut ke bagian kulit yang terasa gatal karena biduran.

4. Jahe dan Cuka Beras Hitam
Siapkan beberapa bahan rempah untuk membuat ramuan ini. Yaitu berupa 100 cc cuka beras hitam, 30 gram jahe, dan gula merah. Haluskan jahe terlebih dahulu dengan cara ditumbuk, kemudian rebus bersama lainnya ke dalam air. Setelah ramuan dingin, barulah bisa diminum. Usahakan minum ramuan ini 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Daun Sirih
Yang terakhir adalah dengan ramuan daun sirih dan ketepeng. Siapkan masing-masing sebanyak 20 lembar daun. Bersihkan kemudian rebus menjadi satu. Setelah dingin baru saring dan ramuan siap diminum oleh penderita biduran.

Baca juga:

5 Manfaat Semut Jepang, Obat Untuk Banyak Penyakit

5 Cara Atasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

Sehatkan Jantung Dengan 5 Buah Ini!

5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

5 Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah

Loading...