Home Info Kesehatan Cara Mudah Menurunkan Demam Tinggi

Cara Mudah Menurunkan Demam Tinggi

889
0

Cara-Mudah-Menurunkan-Demam-Tinggi

Kabarmaya.com – Demam adalah keadaan dimana tubuh menggigil namun bila diperiksa akan terasa panas di badan. Semua orang pasti pernah mengalami demam, baik itu demam ringan maupun demam tinggi. Untuk mengatasinya sebaiknya istirahatkanlah tubuh dan melakukan pengobatan agar demam cepat menurun.

Banyak hal yang bisa mengakibatkan demam terjadi, misalnya hal umum seperti sedang mengalami infeksi di dalam tubuh, daya imun terganggu akibat serangan penyakit dari luar, mengalami kelelahan akibat aktivitas, ataupun tidak cocok dengan suhu yang terlalu panas atau dingin yang diciptakan lingkungan sekitar.

Untuk mengobatinya perlu diketahui beberapa hal yang bisa menurunkan demam tinggi dengan mudah. Hal sederhana ini perlu dipahami agar demam tidak berlanjut kepada penyakit yang lebih serius misalnya tipes dan liver.

•    Perbanyak mengkonsumsi air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Karena saat demam tubuh akan terasa panas sehingga menimbulkan kurangnya cairan dalam tubuh. Memperbanyak konsumsi air putih dapat membantu buang air kecil supaya demam dapat turun dengan cepat.

•    Mengkompres menggunakan kain yang sudah direndam dengan air hangat. Ini umumnya sudah sangat familiar dilakukan untuk menurunkan demam. Namun ingat jangan menggunkan air dingin atau air es karena bisa meninggatkan keadaan menggigil pada tubuh.

•    Mandi dengan menggunakan air hangat. Penggunaan air hangat saat mandi dipercaya bisa menurunkan demam yang sedang tinggi. Setelah mandi dengan air hangat tubuh akan merasa lebih segar dan demam semakin berkurang.

•    Perhatikan kondisi ruangan penderita demam tinggi. Usahakan kondisi suhu ruangan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Kondisikan ruangan memiliki udara yang sejuk sehingga tubh merasa nyaman dan demam segera menurun.

•    Mengolesi telapak kaki dengan bawang putih. Cara ini dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh yang sedang mengalami demam tinggi. Caranya campurkan bawang putih dengan minyak kelapa lalu oleskan pada telapak kaki dan biarkan semalaman.

•    Gunakan waktu luang untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh saat demam tinggi. Dengan beristirahat dan menerapkan pola hidup sehat, maka demam akan segera menurun. Jika perlu minumlah obat penurun panas untuk membantu penyembuhan demam tinggi.

Tidak semua demam disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun. Bisa saja hal tersebut merupakan awal mula penyakit lain yang bisa dibilang serius. Jika dalam beberapa hari demam tidak kunjung turun, disarankan untuk memeriksakan keadaan di klinik terdekat supaya penyebab demam dapat diketahui.

Baca juga:

5 Cara Alami Obati Biduran

Obati Diabetes Dengan Cara Herbal Menggunakan Biji Rambutan

5 Cara Atasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

Diet Golongan Darah, Cara Jitu Dapatkan Tubuh Proporsional

Cara Mencegah Datangnya Kanker Serviks Lebih Dini 

Loading...